Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Barang Refurbished? Kelebihan dan Kekurangannya.

Apa itu Barang Refurbished? Kelebihan dan Kekurangannya - Pernah dengar kata 'Refurbished' pada barang-barang elektronik seperti hp, laptop, dan alat elektronik lainnya? Apa sih artinya... pada artikel ini akan kita bahas mengenai apa itu Refurbished, dan 


Apa itu Refurbished?

Refurbished memiliki arti diperbaharui, jadi jika digabungkan dengan kata iphone yaitu iphone refurbished memiliki arti iphone yang diperbaharui. Sederhananya iphone refurbished adalah iphone yang sebelumnya pernah dibeli (secara resmi) dan dimiliki seseorang, lalu dikembalikan karena kegagalan fungsi produk.

Setelah itu laptop tersebut dicek kondisinya, apakah terdapat part/komponen yang rusak atau tidak, jika terdapat part yang rusak akan diganti sesuai komponen asli dari brand tersebut. 

Semua yang bermasalah akan diperbaiki, setelah itu jika kondisinya sudah layak untuk digunakan dan lolos semua tes standar pabrik, akan dijual kembali ke pasar dan biasanya akan dikasih label 'Refurbished'.

Kalo pada brand Apple biasanya barang refurbished akan dikasih tanda "Certified Pre-Owned" pada box penjualan.

Nah barang hasil perbaikin inilah disebut dengan barang Refurbished.

Penggunaan kata Refurbished banyak dijumpai pada barang elektronik seperti laptop, hp, printer, dan lainnya.


Lalu apakah barang Refurbished Awet?

Masalah awet atau enggaknya balik lagi soal penggunaan dari sisi user (pengguna) itu sendiri. Eits, ada tapinya nih, barang refurbished yang dibeli selain dari distributor resmi atau official store biasanya gak bakal awet. Karena proses perbaikannya tidak melewati tahap Quality Control (QC) atau tidak mengikuti prosedur dari produsen aslinya, tentunya memiliki risiko kerusakan yang tinggi.

Barang refurbished yang dibeli bukan dari pihak resmi biasanya tidak mendapat jaminan garansi. Jika ada pun paling hanya sebulan aja. 

Dan jika terdapat kerusakan kamu hanya bisa mengirimnya sesuai dengan distributor yang disarankan oleh penjual, bukan ke service center-nya.

Baca juga: 5 Tips Memilih Laptop, Ini Hal yang Harus Diperhatikan

Apakah barang Refurbished Diblokir?

Saya pernah mendapatkan pertanyaan seperti ini, ini pertanyaan awam, jauh dari konteks, tetapi saya bantu jawab.

Tergantung beli barangnya sumbernya dari mana, kalau dia beli barang yang sudah jelas tempatnya ilegal, lalu beli yang Refurbished, ini sudah pasti diblokir. Karena barang ilegal tidak mengantongi Tanda Pendaftaran Produk (TPP) dan melewati proses pembayaran pajak.

Tanda Pendaftaran Produk pada hp adalah IMEI.

Maksud dari kata diblokir disini adalah IMEI-nya, sederhananya kamu tidak bisa menggunakan jaringan internet lokal (IM3, Telkomsel, XL,dll)

Sebenarnya barang ilegal atau Black Market (BM) ini biasanya barang yang telah di-refurbished dari pihak tidak resmi dan part-partnya dikanibal dari unit lain. Karna itu barang BM murah-murah.

Kembali ke pertanyaan, barang refurbished yang diblokir yaitu hanya HP atau smartphone saja, sebab barang tersebut menggunakan kartu sim untuk menggunakan internet pada jaringan lokal. Barang lain tidak seperti laptop, dan printer.


Kelebihan dan Kekurangan Barang Refurbished

Kelebihan:

  • Murah, dapat produk dengan harga selisih lumayan dari harga baru
  • Kualitas hampir mirip dengan yang baru

Kekurangan:

  • Tidak awet jika beli bukan dari official store atau distributor resmi

Baca juga: Tips Membeli Barang Refurbished, Agar Tidak Kecewa

Kesimpulan

Barang refurbished adalah barang yang sebelumnya pernah dijual lalu dikembalikan karna terdapat masalah dari pabrikan, lalu direkondisi untuk dijual kembali ke konsumen. Jadi ga selamanya barang yang rekondisi atau refurbished punya citra buruk. Bijak dalam membeli barang refurbished dan teliti dalam memilih. Nantikan untuk tips membeli barang refurbished, ikuti blog ini untuk mendapatkan update terbaru.

Muhammad Rifki Apriansyah
Muhammad Rifki Apriansyah Investing, Technologies, and Electrical Enthusiast

Posting Komentar untuk "Apa itu Barang Refurbished? Kelebihan dan Kekurangannya."