Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Memilih Laptop, Berikut Hal yang Harus Diperhatikan

Membeli laptop baru bukanlah hal yang mudah, karena terdapat banyak variasi laptop di pasaran. Ini hanya akan membuat orang bingung untuk memilih laptop yang terbaik untuk dipakai. 

Ada terlalu banyak opsi untuk dipilih, sehingga saya akan mencoba menyederhanakan hal ini untuk mereka dengan memberi kriteria, hal dasar, dan yang harus dipikirkan semua orang sebelum membeli laptop baru. Berikut di bawah ini beberapa dari hal-hal penting ketika membeli laptop.

Artikel terkait: Shortcut Yang Harus Diingat Pada Windows dan Google Chrome

  • Ukuran

Yang pertama adalah ukuran,ukuran layar laptop sangat bervariasi mulai dari 12 inci hingga 17 inci. Dari ukuran tersebut anda bebas memilih, itu semua tergantung pada penggunaan Anda. Oleh karena itu, memilih ukuran layar yang ideal itu penting. Laptop dengan ukuran layar 12 hingga 14 inci adalah portabel, lebih tipis dan lebih ringan dari yang lain.

Notebook seperti biasanya berukuran sekitar 15,6 inci, yang menjadikannya perpaduan yang baik antara portabilitas dan daya untuk Anda. Laptop portabel juga dapat berubah menjadi tablet saat keyboard dilepas atau dilipat, beberapa juga memiliki opsi layar sentuh. Contohnya seperti HP, DELL, ASUS, dan LENOVO.

  • Prosesor

Kecepatan pemrosesan adalah faktor penting lainnya saat mencari laptop baru. Sebagian besar perangkat dilengkapi dengan prosesor berbasis Intel Core, seperti seri i3, i5, i7 dan i9. Anda dapat mencari sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Seri laptop i3 memiliki daya yang cukup untuk melakukan semua tugas dasar (tergantung gen/generasi). Untuk prosesor i5 biasanya ditemukan di sebagian besar laptop kelas atas. i7 untuk orang yang membutuhkan kinerja terbaik. Di sisi lain, i9 bahkan lebih bertenaga daripada i7.

  • RAM

Anda selalu dapat meningkatkan RAM laptop baru Anda. Hampir semua laptop saat ini memiliki RAM minimal 4GB. Namun, jika penggunaan Anda melibatkan software yang lebih berat, Anda harus mempertimbangkan setidaknya RAM 8 GB atau 16 GB. 

Saran dari saya adalah membeli laptop dengan minimal RAM 4GB, dikarenakan RAM 4GB sudah mampu dalam menjalankan beberapa software dan itu lumayan lancar (tergantung prosesor).

  • Penyimpanan

Hal penting lainnya yang harus diperhatikan saat membeli laptop baru adalah penyimpanannya. Dengan penyimpanan yang besar kita akan leluasa menyimpan file-file besar tanpa harus pusing memikirkan takut kehabisan ruang. 

Penyimpanan yang besar juga memberi manfaat, yaitu terdapat Recycle Bin, Recycle Bin mulai tersedia pada penyimpanan 500GB. Penyimpanan pada laptop biasanya menggunakan hard drive, tetapi saat ini sudah banyak yang menggunakan Solid State Drive (SSD). Laptop dengan penyimpanan 500GB sudah oke untuk menyimpan file-file besar.

Artikel terkait: Kemana Perginya File yang Telah Dihapus?

SSD dapat meningkatkan kinerja laptop secara keseluruhan, karena menawarkan kecepatan yang lebih tinggi. SSD dapat memuat data lebih cepat selama boot sistem daripada menggunakan hard drive. Oleh karena itu, jika Anda mencari laptop baru, coba cari laptop yang menggunakan penyimpanan SSD. 

Namun, laptop yang menggunakan SSD lebih mahal dibandingkan yang menggunakan hard drive. Tetapi laptop yang menggunakan SSD sudah tidak diragukan lagi.

  • Hal Lain yang Perlu Dipertimbangkan

Saat mencari laptop baru, Anda juga harus mencari faktor lain, seperti waktu pemakaian baterai, kualitas tampilan, fitur keyboard, dan kualitas pengembang, hanya untuk beberapa nama. Fitur-fitur seperti itu adalah tambahan dalam pencarian laptop yang ideal.

Artikel terkait: Review Software Screenshot Terbaik Untuk PC dan Laptop

Anda mungkin bingung dan sulit mengambil keputusan. Namun, jika Anda mengikuti tip sederhana yang diberikan di atas, itu akan membuat seluruh proses membeli laptop baru menjadi lebih sederhana. Semoga saat ini, Anda bisa mendapatkan laptop terbaik untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Muhammad Rifki Apriansyah
Muhammad Rifki Apriansyah Investing, Technologies, and Electrical Enthusiast

Posting Komentar untuk "5 Tips Memilih Laptop, Berikut Hal yang Harus Diperhatikan"