Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kemana Perginya Sebuah File yang Telah Dihapus?

Mungkin dari kalian pasti pernah berpikir bahwa kemana perginya file-file seperti foto maupun video yang telah dihapus dari ponsel atau komputer milik kalian. Entah-berantah kemana perginya file tersebut, mungkin ke dunia kayangan atau ke isekai, hahaha. Kira-kira kemana ya perginya?

Pernahkah kalian menghapus sebuah file yang ada di komputer atau ponsel secara tidak sengaja dan berpikir bahwa file itu akan hilang secara permanen? 

Jawabannya adalah tidak, mengapa? 

Pada sebuah komputer yaitu memiliki sebuah Recycle Bin (tempat sampah) yang digunakan untuk menyimpan file yang telah dihapus. Recycle Bin hanya bersifat penyimpanan sementara sebelum penggunanya menghapus secara permanen. 

Kalian bisa mengembalikan (restore) file yang telah dihapus di Recycle Bin. Tetapi file yang dikembalikan tidak secara utuh, mungkin bisa terjadi corrupt, karena telah ditimpa oleh file yang baru saja dihapus.

Apakah kamu tau?

Dalam data digital yaitu berbentuk angka biner (0 dan 1), jadi data itu berbentuk kumpulan angka biner, misalkan sebuah file pdf, file pdf berbentuk 8-bit binary. 

Contoh file pdf dengan index 01100101 jika file pdf dihapus dan masuk ke Recycle Bin indexnya akan berubah menjadi 00000000. Recycle Bin yang berarti mendaur ulang binary.

Recycle Bin di Android

Sangat disayangkan bagi para pengguna ponsel Android karena tidak terdapat Recycle Bin. Tidak seperti komputer, ponsel Andorid biasanya hanya memiliki kapasitas 8GB - 256GB, dimana kapasitas tersebut tidak bisa menampung file-file yang telah dihapus karena terlalu kecil. 

Jika terdapat Recycle Bin maka akan kemungkinan memakan penyimpanan file yang tidak perlu. Tetapi file yang dihapus tidak sepenuhnya dihapus secara permanen. 

Ketika file dihapus, mereka akan menempati ruang yang ditandai sebagai kosong atau tersedia untuk penulisan data baru. Namun, data yang dihapus masih dapat dipulihkan sebelum data baru menempati ruang atau menimpanya. 

Sebenarnya pada ponsel Android terdapat Recycle Bin tetapi harus menggunakan aplikasi pihak ketiga, seperti ES File Explorer, yang mana aplikasi tersebut menyediakan Recycle Bin.

Setiap file yang dihapus hanya menghapus lokasi/direktori file tersebut, namun informasi yang berupa biner yang tersimpan di dalam memori tersebut tidak direset dan akan masuk ke dalam cache, yang mana cache tersebut dapat digunakan untuk memulihkan data yang telah dihapus. Anda dapat memulihkannya kembali menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Apakah kamu tau?

Foto yang terdapat di galeri ponsel milik kalian ketika dihapus ternyata tidak langsung hilang loh, lalu dimana letaknya? yaitu di folder DCIM > .thumnails, semua foto yang telah dihapus dari galeri akan tersimpan di folder .thumbnails.

Muhammad Rifki Apriansyah
Muhammad Rifki Apriansyah Seorang pelajar yang sering berselancar di internet, gemar teknologi, dan menyukai Front-End.

Posting Komentar untuk "Kemana Perginya Sebuah File yang Telah Dihapus?"