Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nomor HP Baru Kok Sudah Aktif WhatsApp?

Beberapa waktu yang lalu saya melakukan pembelian kartu perdana IM3 (Indosat) di salah satu konter pulsa dekat rumah. Saya membeli kartu perdana tersebut dengan tujuan ingin mengecek apakah provider tersebut cocok di lingkungan saya (maksudnya jaringannya bagus atau enggak). 

Setelah tiba di rumah saya langsung melakukan registrasi kartu tersebut, dan isi pulsa yang Rp. 10,000 buat beli kuota (ngetes jaringan).

Lalu saya melakukan proses download dan upload, ternyata jaringan Indosat di lingkungan saya cukup bagus. Untuk bermain game lebih stabil dari pada provider plat merah (Telkomsel), walaupun sudah merata tapi kalau jaringannya emang bapuk buat maen game ya no komen lah. 

Terus harga kuotanya juga cukup ramah kantong, paket yang sering saya beli yaitu harganya Rp. 50,000 dapet 25 GB dengan masa aktif 30 hari, tanpa dibagi-bagi, ini worth it banget sih, provider lain mana ada yang kayak gini. 

Tapi sekarang harganya naik jadi Rp. 60,000, ya dengan kenaikan harga segitu kalau menurut saya masih wajar-wajar aja. Akhirnya saya meminang kartu tersebut hingga saat ini.

Baca juga: Penyebab Koneksi Internet Terputus dan Tersambung Kembali

Eeee, tapi yang dibahas bukan itu, itu cuma prolog aja, yang akan dibahas yaitu...


Nah, setelah beberapa hari/minggu untuk pemakaian internetan, saya coba daftar WhatsApp menggunakan nomor tersebut. Oh iya, nomor baru ini bukan dijadiin nomor utama, jadi nomor ini buat dijadiin akun kedua (ya buat transaksi/chat dengan orang yang ga kenal). 

Karena untuk menghindari terjadinya spam dan penyebaran privasi, ini pentingnya nomor telepon. Ternyata ada trik gimana caranya chat dengan orang lain tanpa menyimpan kontak

Pas daftarin Whatsapp pake nomor baru ini ya biasa-biasa aja seperti pada umumnya, tidak ada kendala dan kejanggalan. Beberapa minggu/bulan kemudian muncul kejadian, saya menerima pesan dari nomor tak dikenal, isi pesannya yaitu,


"Gimana kabarnya teh?"


Saya merasa kaget disini, padahal kan saya beli kartu tersebut perdana, yang artinya pertama kali dan belum pernah digunakan. Pada saat registrasi menggunakan nomor NIK dan KK pun lancar-lancar aja, memang seperti belum didaftarkan. Pertanyaannya, nomor hp baru kok sudah aktif WhatsApp?


Ini menurut saya janggal banget, kok bisa ya?


Padahal pada saat itu saya terima kartu tersebut fisiknya dalam kondisi bagus, utuh, dan menyatu, tapi kenapa pas di daftarin WA malah sudah aktif, kok bisa gitu, gimana caranya ya?


Ternyata oh ternyata ini bisa terjadi, dan merupakan hal yang wajar. Kira-kira kenapa ya?


Sebelum saya cari tau jawabannya, saya mencoba cari tau terlebih dulu siapa nama si pengirim pesan dan siapa nama dibalik nomor yang baru dibeli dengan menggunakan aplikasi GetContact. 

Setelah dicek ternyata nomor yang saya pakai ini sudah ada nama / pemilik sebelumnya. Lalu saya coba searching di Google untuk mencari tau perihal nomor perdana sudah aktif Whatsapp.

Jawabannya adalah nomor teleponnya sudah mati/terblokir/masa aktifnya habis, tetapi nomor tersebut masih aktif digunakan di Whatsapp. 


"Lho, emang bisa ya nomor mati masih bisa dipake Whatsapp'an?"


Bisa dong, karna Whatsapp cuma butuh nomor telepon dan jaringan internet aja, walau anda sudah copot kartu, WhatsApp masih bisa dipakai asal terhubung ke internet. 

Tapi, untuk menerima SMS sudah tidak bisa. Nomor telepon yang sudah tidak aktif tidak akan terhubung ke jaringan alias mati, jika diibaratkan dengan manusia, dia sudah tak bernyawa, sudah tidak bisa melakukan aktivitas.


Jadi nomor mati tersebut ternyata telah terblokir tetapi masih aktif digunakan untuk ber-Whatsapp'an. Mungkin pemilik kartu tersebut sudah ganti, dan nomor lamanya sudah tidak digunakan lagi, mungkin dengan alasan paketnya mahal atau jaringannya ga cocok, akibatnya kartu tersebut masa aktifnya habis karena tidak terjadi transaksi pulsa (yang mana berfungsi untuk memperpanjang masa aktif kartu tersebut). 

Karena terlanjur nyaman menggunakan Whatsapp pake nomor lama, sehingga nomor baru tersebut dilupakan, jadi masih dipakai hingga saat ini. 

Alasan yang logis kenapa pemilik kartu tersebut tidak mengganti nomornya dengan yang baru yaitu karna tidak tau cara menggantinya dan caranya agak ribet juga (bagi orang awam), juga akan memungkinkan terjadinya loss contact terhadap kawan, saudara, dan kerabat.


Ehh iya kenapa nomor yang sudah terblokir diterbitkan lagi?


Jawabannya simple, ini berhubungan dengan sirkulasi bisnis (business model) tersebut. Nomor yang terblokir akan didaur ulang untuk digunakan kembali, untuk mengurangi terjadinya pembuatan nomor telepon baru yang akan mengakibatkan terjadinya penumpukan nomor, tentu ini akan mengeluarkan cost yang sangat besar.

[Update]

Saya baru saja beli kartu di konter yang sama, lalu saya aktivasi kartu tersebut. Dan ternyata, lagi-lagi saya mendapati nomor yang telah didaftari WhatsApp berikut cuplikannya,


 

Kesimpulan

Jika anda beli kartu perdana (nomor hp baru) tetapi pada saat didaftarkan Whatsapp seolah-olah nomor tersebut telah digunakan dan terdapat pesan masuk dari orang yang tak dikenal itu merupakan hal yang wajar. 

Hal itu terjadi karena nomor tersebut sebelumnya pernah digunakan tetapi masa aktifnya sudah habis atau terblokir, dan Whatsappnya pernah didaftarkan.

Ketika nomor telepon yang masa aktifnya sudah habis atau terblokir, itu akan didaur ulang oleh pihak provider untuk digunakan kembali kepada konsumen, ini bertujuan untuk menghindari terjadinya penumpukan angka-angka baru. 

Jadi tidak perlu panik dan khawatir apabila anda mengalami kejadian seperti ini dan ada nomor tak dikenal menghubungi anda, kasih tau aja baik-baik, atau jika anda risih anda bisa memblokirnya.

Muhammad Rifki Apriansyah
Muhammad Rifki Apriansyah Seorang pelajar yang sering berselancar di internet, gemar teknologi, dan menyukai Front-End.

Posting Komentar untuk "Nomor HP Baru Kok Sudah Aktif WhatsApp?"