Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Koneksi Internet Terputus dan Tersambung Kembali

Internet sudah menjadi suatu kebutuhan dalam hidup saat ini, tanpa adanya internet kita mungkin akan kesulitan dalam berkomunikasi maupun mencari informasi. Internet yang lancar sangat diidam-idamkan oleh banyak orang. Siapa yang tidak kesal saat koneksi internetnya terputus secara tiba-tiba dalam keadaan sedang bermain game, searching, melihat sosial media, dll. Lalu apa penyebab koneksi internet terputus lalu tersambung kembali?

Apa itu internet?

Internet (Interconnection-networking) merupakan sebuah jaringan yang menghubungkan satu sama lain menggunakan standar sistem global TCP/IP. TCP/IP ini sebagai protokol, sehingga kita bisa saling berkomunikasi, bertukar data, dan berinteraksi dalam jarak jauh.

Kalian bisa mendapatkan internet dari ISP (Internet Service Provider). ISP merupakan suatu lembaga yang memberikan pelayanan kepada konsumen untuk memberikan akses internet. Contoh ISP yang terkenal di Indonesia yaitu Telkomsel, 3 , Indosat, Smartfren, dll. Untuk mengakses internet tentu saja tidak gratis, karena ini layanan berbayar.

Untuk berselancar di internet maka harus dibutuhkan sebuah IP Address. Apa itu IP Address? IP (Internet Protocol) Address atau alamat protokol internet sering disebut IP merupakan sederetan angka biner yang fungsinya sebagai identifikasi sebuah komputer dalam jaringan internet. Pada IP dibagi menjadi dua bagian, yaitu:

  • IP Public

IP Public ini merupakan alamat IP yang dapat diakses secara publik melalui internet. Kalian bisa mengecek IP Public di link ini whatismyip.com. IP Public pada setiap perangkat berbeda-beda, sehingga ini menjadi identitas untuk perangkat yang tersambung ke jaringan internet.

Jadi IP Public itu ada yang Statis dan Dinamis

  • IP Static, alamat IP yang dialokasikan secara permanen untuk suatu perangkat, ketika di-restart tidak akan berubah
  • IP Dynamic, Dimana alamat IP diberikan oleh DHCP Server dan akan berubah tergantung IP yang tersedia.

  • IP Private

IP Private atau disebut juga IP Lokal, IP ini digunakan untuk jaringan pribadi, komputer dan gadget menggunakan IP Lokal. IP Lokal bisa ditemukan pada LAN, biasanya dipakai pada jaringan rumah, kantor, dan perusahaan.


Lalu apa yang membuat koneksi internet terputus dan tersambung kembali? 

IP Public penyebabnya. Karena ISP menggunakan sistem DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol). Fungsi DHCP yaitu untuk mendistribusikan IP secara otomatis kepada setiap pengguna yang ingin terhubung dengan jaringan internet. Dimana IP sering berubah setiap saat. 

Pada dasarnya ISP menggunakan DHCP karena dalam pemberian alamat IP kepada pengguna sangat mudah, dengan menggunakan DHCP ini ISP tidak akan mengatur IP pengguna satu per satu. IP Dynamic akan berubah ketika komputer/gadget di-shutdown atau dijadikan mode pesawat.

Bagaimana cara mendapatkan IP Static? 

Jika kalian ingin mendapatkan IP Static, kalian harus meminta kepada pihak ISP untuk diberikan IP Static, tapi kemungkinan tidak akan dikasih. Jadi kalian harus menggunakan VPN / Proxy agar IP menjadi statis.

Keuntungan dari DHCP yaitu tidak akan terjadinya konflik IP pada suatu jaringan, jadi otomatis akan mengganti IP yang tersedia.

Muhammad Rifki Apriansyah
Muhammad Rifki Apriansyah Seorang pelajar yang sering berselancar di internet, gemar teknologi, dan menyukai Front-End.

Posting Komentar untuk "Penyebab Koneksi Internet Terputus dan Tersambung Kembali"