Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Membeli Barang Refurbished Agar Tidak Kecewa

Tips Membeli Barang Refurbished, Agar Dapat Produk Terbaik

Tips Membeli Barang Refurbished - Barang refurbished memiliki daya tarik tersendiri untuk dibeli bagi sebagian orang.  Setiap orang memiliki alasan tersendiri membeli barang Refurbished, baik dari segi harga maupun kualitas. Kelebihan dan kekurangan barang refurbished terletak pada dimana kamu membelinya.

Apa itu barang refurbished? barang refurbished adalah barang yang sebelumnya pernah dijual lalu dikembalikan karna terdapat kesalahan dari pabrikan (cacat produksi), lalu direkondisi (diperbaiki kerusakan-kerusakannya) setelah itu dijual kembali ke konsumen.

Baca lebih lengkap: Apa itu Barang Refurbished? Kelebihan dan Kekurangannya

Alasan Seseorang Membeli Barang Refurbished

Pertama, membeli barang refurbished merupakan ide yang bagus karena harganya jauh lebih murah daripada yang lebih baru. 

Diperbaharui artinya bahwa dia telah melihat penggunaan pemilik sebelumnya, jadi barang refurbished umumnya model lama, dan dia ga selalu tau bagaimana pemilik sebelumnya merawat barang tersebut. 

Tetapi diperbaharui juga mengartikan bahwa seseorang telah meluangkan waktu untuk memperbaiki, dan sering kali mengganti setiap komponen yang rusak.


Kedua, karena harganya yang murah, barang lama lebih mudah digunakan (dalam artian nyaman, tidak terbiasa dengan yang baru) daripada model baru. 

Seperti yang saya jelaskan di atas, barang refurbished umumnya jauh lebih murah daripada model baru jadi jika suatu saat terjadi kerusakan tak terduga, kamu mungkin hanya mengeluarkan sedikit uang dibandingkan dengan membeli yang model baru yang harganya bisa bikin dompet kering.


Ketiga, karena kamu akan mengeluarkan lebih sedikit uang untuk barang itu sendiri, jadi kamu bisa menghabiskan lebih banyak untuk upgrade dengan komponen yang lebih baru dan lebih baik (terutama pada laptop dan PC). 

Misalnya, nambahin RAM untuk kecepatan, atau meningkatkan ke hard drive yang lebih besar atau mengganti dengan Solid State Drive (SSD) untuk meningkatkan performa.


Tips Membeli Barang Refurbished

Lakukan riset dan beli hanya dari sumber terpercaya. Beli ke tempat distributor resmi atau ke official storenya langsung.

Kenapa demikian? karena dengan membeli di distributor resmi atau official store kamu akan mendapatkan jaminan keaslian produk dan garansi resmi perbaikan selama 1 tahun ke service centernya.

Pada toko lain selain dari distributor resmi atau official store sebenarnya mereka juga memberi garansi.

Terus bedanya apa jika dibandingin beli bukan dari official store atau distributor resminya? Bedanya kalo kamu beli bukan dari keduanya barang yang kamu dapet biasanya ga bakal awet.

Loh kok bisa? kenapa emangnya? Karena proses perbaikannya tidak melewati tahap Quality Control (QC) atau tidak mengikuti prosedur dari produsen aslinya, tentunya memiliki risiko kerusakan yang tinggi.

Jika terjadi kerusakan, servicenya bukan ke tempat service center atau bukan pihak resminya. Jadi jika terdapat kerusakan pada komponen, komponen yang akan diganti komponen yang bukan aslinya atau kanibal dari unit lain (mengambil komponen dari unit lain atau brand lain)

Jika pun kamu membeli pada toko tidak resmi tetapi mendapat garansi resmi, pastikan cek box dan barangnya (ini tingkatan lanjut, kamu harus riset terlebih dahulu)


Perhatikan masa garansi. Barang refurbished biasanya memiliki masa garansi yang singkat, ada yang 2 minggu dan 1 bulan. Biasanya jika kamu membelinya dari toko terpercaya akan diberi masa garansi paling lama 3 bulan, variasi, tiap brand beda-beda ngasih masa garansinya.


Uji Barang Di Tempat. Sebelum memutuskan untuk membeli, pastikan kamu telah mengujinya. Uji barang dari berbagai segi, mulai dari layar, suhu, suara yang dihasilkan dari hardware, pengujian software ataupun game, sensor, dan lain-lain. 

Pastikan semua pengujian dites satu per satu, maka dari itu sebelum membeli barang refurbished kamu harus tau pengujian apa yang harus dilakukan, kalau perlu dicatat, biasanya kita akan lupa saat berada di toko karena buaian sales.


Barang refurbished memiliki kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan:

  • Harga murah
  • Kualitas mirip model baru


Kekurangan:

  • Tidak awet
  • Model lama
  • Barang cacat produksi
  • Baterai dan software tidak menjamin


Kesimpulan

Jika kamu suka memiliki barang terbaru dan terbaik, maka barang refurbished bukan pilihan yang tepat. Tapi, jika kamu ga keberatan dengan kerusakan kecil (tidak mengganggu produktivitas), maka barang refurbished bisa jadi pertimbangan untuk dibeli.

Membeli barang refurbished tidak disarankan jika kamu pertama kali menggunakannya. Barang refurbished artinya barang bekas, barang cacat produksi yang telah diperbarui lalu dijual kembali ke pasar. 

Kamu ga tau bagaimana pemilik sebelumnya merawatnya. Saya sarankan beli barang refurbished untuk dijadikan barang kedua yang kamu miliki.

Jika kamu memutuskan untuk membeli barang refurbished disarankan banyak-banyak riset, seperti 'bagaimana mengetahui keaslian produk', dan lainnya. 

Tujuan dari riset agar mendapatkan barang yang terbaik. Disarankan beli barang refurbished dari sumber yang terpercaya atau ke distributor resmi maupun official store untuk menjamin keorisinalan produk.

Muhammad Rifki Apriansyah
Muhammad Rifki Apriansyah Investing, Technologies, and Electrical Enthusiast

Posting Komentar untuk "Tips Membeli Barang Refurbished Agar Tidak Kecewa"