Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Cek Versi Windows di Laptop dan PC

Windows saat ini merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Windows memiliki kelebihan yaitu diantaranya mudah digunakan, karena UX (User Experience)-nya sangat mudah dipahami oleh orang awam sekalipun. 

Walaupun sistem operasi Windows mudah dioperasikan belum tentu semua orang bisa melakukannya. Contohnya saat ini masih banyak yang bingung bagaimana cara mengecek versi Windows di Laptop atau di PC.

Seringkali saya mendengar pertanyaan-pertanyaan dari para user Windows,

"Gimana bang cara ngecek versi Windows di Laptop?"

"Gimana caranya mengetahui bit pada laptop kita?"

"Bagaimana cara mengetahui laptop 32-bit atau 64-bit?"

"Cara cek tipe Windows yang kita gunakan gimana caranya?"


Padahal, mengetahui versi Windows merupakan hal yang penting, ini berfungsi untuk mengetahui spesifikasi Sistem Operasi dan fitur apa saja yang terdapat pada versi tersebut, biasanya akan dibutuhkan bila ingin menginstall Software ataupun Game.

Baca juga: Panduan Install Software & Game Bajakan

Tapi kalau anda menginstall Windows secara mandiri, pasti sudah tau dong versi Windows berapa yang digunakan, lalu bagaimana dengan mereka yang beli laptopnya di toko komputer atau online shop? yang pasti Windows-nya diinstallin para teknisi dari toko tersebut, sehingga kita tidak tau versi Windows berapa yang digunakan.

Yang sering kali diperhatikan pada saat ingin menginstall Software atau Game yaitu yang pertama kali dilihat adalah System Requirements-nya (Spesifikasi yang dibutuhkan, untuk bisa menggunakan software tersebut), ini bergantung apakah software tersebut bisa dijalankankan di laptop kita atau tidak. 

Walapun kebanyakan System Requirements menampilkan spek hardware, tetapi peran Sistem Operasi juga tak kalah penting.


Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melihat versi Windows, dan cara ini juga berlaku untuk mengetahui bit pada laptop (tipe sistem yang digunakan), apakah 32-bit atau 64-bit. Berikut adalah cara mengetahui versi Windows:


#1 Menggunakan File Explorer

  1. Buka File Explorer, cara cepatnya yaitu menggunakan shortcut Windows + E, klik kanan pada This PC / Computer (berbeda-beda namanya setiap user, tapi caranya tetap sama), lalu klik Properties,


  2. Lalu akan muncul tampilan seperti berikut,


Baca juga: Shortcut yang harus diingat pada Windows

#2 Menggunakan Logo Windows

  1. Klik kanan logo Windows


  2. Lalu klik System


  3. Dan muncul tampilan berikut


#3 Menggunakan CMD

  1. Buka CMD, cara cepatnya menggunakan Windows + R, lalu ketik cmd, dan tekan Enter,


  2. Ketikkan perintah systeminfo, lalu tekan Enter, tunggu beberapa saat,
  3. Lalu akan muncul informasi versi Windows yang digunakan.


#4 Menggunakan DXDIAG

  1. Tekan tombol Windows + R, ketik dxdiag, tekan Enter,


  2. Lalu akan muncul tampilan seperti berikut:


Kesimpulan

Beberapa metode diatas merupakan cara melihat versi Windows dan mengecek versi 32 bit atau 64 bit. Dari segi tampilan mungkin berbeda, apalagi jika anda menggunakan Windows 7 ataupun Windows 8, pada tutorial ini saya menggunakan versi Windows 10 laptop Lenovo. Secara keseluruhan metodenya hampir sama, hanya beda dari segi tampilan saja.

Di atas terdapat 3 cara, cara pertama dan kedua memiliki output yang sama. Cara ketiga ini sedikit berbeda, yaitu memperlihatkan secara detail, mulai dari versi Windows hingga spesifikasi hardware yang digunakan, serta fitur seperti Hyper-V (Virtualization Technology).

Muhammad Rifki Apriansyah
Muhammad Rifki Apriansyah Seorang pelajar yang sering berselancar di internet, gemar teknologi, dan menyukai Front-End.

Posting Komentar untuk "3 Cara Cek Versi Windows di Laptop dan PC"