Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Install Software & Game Bajakan

Sesuatu yang gratis memang sangat menyenangkan, karena kita tidak perlu mengeluarkan uang untuk memiliki barang tersebut. Terutama pada software (perangkat lunak), sering kali kita menggunakan software crack alias bajakan alias gratisan baik digunakan pribadi maupun komersial. Tidak hanya software, game-pun juga.

Seiring berkembangnya zaman, teknologi dalam pengembangan perangkat lunak semakin meningkat dan menjadikan harga perangkat lunak tersebut menjadi lebih mahal. Dalam pengembangan Game pun juga begitu, kualitas grafis pada video game terus meningkat.

Pembelian software biasanya dalam bentuk sistem sewa. Contoh, untuk menggunakan Adobe Illustrator anda harus mengeluarkan uang sebesar $27.62/bulan, atau jika dirupiahkan menjadi Rp. 386.680,-/bulan. Harga tersebut merupakan paket Individu, jika digunakan untuk keperluan bisnis, harga paket yang ditawarkan pasti berbeda, yaitu $50.50/bulan, atau sekitar 707 Ribu. Cukup mahal kan?

Dengan begitu para pengguna mencari jalan alternatif, yaitu dengan mencari software/game bajakan. Saat ini untuk mencari game/software crack (bajakan) sangatlah mudah, hanya bermodalkan internet anda bisa mendapatkan puluhan atau ribuan software bajakan hanya dalam satu situs saja.


Eiitss. Tunggu dulu !


Sebelum download game atau software bajakan, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu bahaya menggunakan perangkat lunak atau game bajakan.

Jika anda sudah memahami apa saja bahaya yang diakibatkan dalam menggunakan software bajakan, dan ingin melanjutkan ke proses instalasi...tandanya anda sepakat dan siap menerima resiko.


Oke langsung aja.


Tips Install Software dan Game Bajakan (Crack)

Berikut adalah panduan menginstall software dan game bajakan,


  • Matikan AntiVirus

"Loh kenapa matiin antivirus? kan antivirus berfungsi sebagai proteksi"

Kenapa matiin antivirus? Karna jika antivirus tidak dimatikan, akan menyebabkan file/program instalasi akan terhapus. Sehingga program tidak dapat berjalan secara sempurna/menyebabkan kegagalan (tidak bisa dijalankan) karena kurangnya file atau terdapat file yang hilang.

Antivirus mendeteksi bahwa file tersebut terlihat asing (tidak mengenali jenis file tersebut), dan mengindikasikan bahwa file tersebut merupakan malware atau jenis file berbahaya.


  • Matikan Windows Defender

"Kenapa matiin Windows Defender? Bukannya bahaya ya kalo dimatiin?"

Windows Defender sama seperti Antivirus, ya emang antivirus sebenarnya, tapi bedanya Windows Defender ini penjagaannya lebih ketat lagi. Jadi...jika anda ingin menginstal software bajakan, anda harus menonaktifkan Windows Defender terlebih dahulu, karna jika tidak, dia akan mendeteksi bahwa file tersebut terlihat asing dan akan menghapus file tersebut, sama seperti poin sebelumnya.

"Bagaimana cara kerja Windows Defender menghapus file yang tidak dikenali?"

Cara kerjanya begini, untuk menginstal suatu software pada komputer/perangkat diperlukan pintu masuk untuk menuju sistem, sistem disini yaitu OS (Operating System). 

Nah, Windows Defender ini jika dianalogikan seperti sebuah satpam/penjaga rumah. Pada saat ingin instalasi, kita perlu izin untuk masuk ke sebuah sistem atau rumah tersebut, dengan cara meminta izin kepada tuan rumah, tetapi rumah tersebut memiliki penjaga, maka SOP-nya harus meminta izin terlebih dahulu ke satpam, tapi satpam tidak mengenali siapa anda dan mau apa. Langkah yang diperlukan yaitu anda langsung bertemu dengan tuan rumah untuk meminta izin.


  • Matikan Koneksi Internet

"Loh apa hubungannya dengan internet?"

Ada ! Setiap game atau software crack itu merupakan hasil modifikasi seorang cracker. Bisa saja si cracker ini selain memodifikasi program juga menyisipkan file-file berbahaya seperti SpyWare ataupun Malware.

"Lalu apa hubungannya dengan internet?"

Hubungannya yaitu ketika software bajakan tersebut telah diinstal, dan terhubung dengan internet, lalu pada software tersebut terdapat malware, maka malware tersebut akan menyebar ke seluruh sistem komputer melalui koneksi internet. Ketika malware telah menyebar, semua data-data akan dienkripsi oleh si cracker ini, dan diminta tebusan uang untuk mengembalikkan data-data anda.


Kesimpulan

Menggunakan software bajakan ada kelebihan dan kekurangannya. Kelebihannya yaitu sebagai jalan alternatif untuk mempelajari suatu software, tidak perlu mengeluarkan uang. Kekurangannya yaitu berbahaya, dapat mencuri data-data, rentan terkena virus, merugikan developer software.

Sebenarnya menggunakan software bajakan merupakan hal yang tidak boleh dilakukan, termasuk ilegal, bisa saja anda terkena tindak pidana oleh developer karna telah melanggar hak cipta. Dan menggunakan software bajakan merupakan bukan jalan alternatif untuk mempelajari suatu software, anda bisa menggunakan versi demo/trial untuk belajar. Atau anda bisa menggunakan software yang bersifat Open Source (Sumber Terbuka) atau gratis, terbuka untuk umum, ini baru jalan alternatif.

Saya menulis ini hanya sekedar berbagi tips dan tidak menyarankan anda untuk selalu menggunakan perangkat lunak bajakan. Jika anda mulai menguasai suatu software, dan menghasilkan uang dari software tersebut, mulailah untuk pindah ke versi berbayar. Atau jika anda memiliki uang lebih, lebih baik gunakan versi berbayar, tidak apa-apa mahal, dan itu sebanding apa yang anda dapatkan.

Muhammad Rifki Apriansyah
Muhammad Rifki Apriansyah Seorang pelajar yang sering berselancar di internet, gemar teknologi, dan menyukai Front-End.

2 komentar untuk "Panduan Install Software & Game Bajakan"