Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu VPN? Manfaat dan Bagaimana Cara Kerjanya?

flat komputer

VPN merupakan singkatan dari Virtual Private Network, merupakan sebuah jaringan privasi yang bersifat virtual. Pada umumnya VPN melindungi koneksi internet publik menjadi jaringan privasi yang terenkripsi.

VPN adalah sebuah alat yang berfungsi untuk melindungi jaringan pribadi bersifat online, biasanya VPN digunakan untuk berselancar di internet, jadi jaringan yang bersifat publik (dari provider) akan dienkripsi oleh si VPN ini, sehingga jaringan beserta data akan aman dan tentunya menjadi privasi. 

VPN sangat membantu dalam menyembunyikan informasi sensitif melalui koneksi yang aman atau sebaliknya, mereka beresiko meretas atau mencuri data penting penggunanya.

Saat ini, teknologi VPN tersedia untuk semua pengguna internet dan frekuensi penggunaannya meningkat secara bertahap. Ini membantu orang-orang dari seluruh dunia untuk terhubung dengan cara yang aman. Koneksi Anda dienkripsi, Anda menjadi anonim saat online, dan data lalu lintas tetap bersifat privasi.


Lalu bagaimana cara kerja VPN?

VPN (Virtual Private Network) adalah sebuah layanan yang memungkinkan anda mengakses web secara aman dan privasi dengan merutekan koneksi anda melalui server dan menyembunyikan aktivitas online Anda. 

Saya contohkan, jika anda sedang duduk di bandara dan menggunakan Wi-Fi publik di ponsel anda dan ingin mengakses rekening bank anda, lalu terdapat beberapa orang yang menggunakan Wi-Fi publik yang sama dapat dengan mudah meretas password perbankan, email, gambar, dan informasi lain yang anda miliki pada ponsel tersebut. 

Tetapi jika anda menggunakan VPN, mereka tidak akan dapat mengakses informasi Anda.

VPN membuat terowongan yang mengenkripsi informasi anda dan memberi anda IP lain dari lokasi berbeda yang bisa jadi ribuan mil jauhnya.

Baca juga: Cara Mendapatkan VPN Premium Gratis


Apa manfaat menggunakan VPN?

  • Membuka situs blokir

Dengan menggunakan VPN anda dapat mengunjungi situs yang diblokir oleh pemerintah, seperti layanan streaming ilegal, situs unduhan ilegal, dan lainnya. Anda dapat terhubung ke salah satu server VPN yang berlokasi di negara tertentu, lalu server akan mengirimkan perintah ke situs web tersebut.

  • Kemanan yang lebih terjamin

Setelah terhubung ke VPN, semua data anda akan terenkripsi saat menjelajahi internet.
Alamat IP asli akan disembunyikan dan lokasi asli ditutup. Artinya, semua lalu lintas internet anda berjalan melalui terowongan terenkripsi dan diberi kode yang tidak mungkin didekripsi.

Artikel terkait: Tips menjaga keamanan akun
  • Akses Remote Kontrol

VPN dapat melakukan remote komputer ditempat lain asalkan masih terhubung dengan jaringan internet. Ini cocok untuk anda yang menyimpan data-data penting pada komputer atau server dilokasi lain dan dapat dikontrol dengan VPN.

  • Meningkatkan kecepatan download

ISP (Internet Service Provider) atau Penyedia layanan internet yang anda gunakan terkadang membatasi kecepatan internet karena berbagai alasan. Dengan bandwidth terbatas, anda jadi tidak dapat mengunduh apa pun dengan kecepatan tinggi. 

VPN adalah pilihan tepat untuk memblokir ISP anda agar tidak membatasi lalu lintas anda, terutama lalu lintas P2P / Torrenting ISP Anda akan dapat melihat bahwa anda mengirim dan menerima data, tetapi ISP tidak dapat mengetahui jenis lalu lintas apa itu.

  • Mengatur geolokasi

Geolocation block merupakan pemblokiran website terhadap suatu wilayah tertentu, sehingga jika diakses oleh negara yang diblokir tidak akan bisa diakses/terbuka. 

Contoh, negara Amerika Serikat memblokir aplikasi TikTok, sehingga warga Amerika tidak bisa menggunakannya. Tujuannya adalah Amerika tidak ingin dimata-matai oleh China melalui aplikasi TikTok. Solusi yang bisa dilakukan oleh warga Amerika agar bisa mengakses aplikasi TikTok adalah dengan menggunakan VPN.

Namun, ada hal yang harus diperhatikan ketika menggunakan VPN. Apa hal itu? yaitu mempertimbangkan layanan VPN gratis. Jika anda hingga saat ini masih menggunakan layanan VPN gratis berhentilah, anda harus mempertimbangkan kepentingan data. Saya disini hanya menyarankan anda agar dapat mempertimbangkan masalah yang akan terjadi di masa yang akan datang.

Muhammad Rifki Apriansyah
Muhammad Rifki Apriansyah Seorang pelajar yang sering berselancar di internet, gemar teknologi, dan menyukai Front-End.

Posting Komentar untuk "Apa itu VPN? Manfaat dan Bagaimana Cara Kerjanya?"