Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuka Situs Yang Diblokir Tanpa Aplikasi

Saat ini banyak sekali situs-situs yang diblokir oleh ISP (Internet Service Provider) karena dilarang oleh pemerintah, sehingga kita kesulitan untuk mengaksesnya. 

Untuk mengakses situs yang diblokir diperlukan platform pihak ketiga. Oke, disini saya membagikan trik membuka situs yang diblokir tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Yuk simak !


Android 9 (Pie) merupakan sistem operasi smartphone besutan dari Google menambahkan fitur yang bernama Private DNS. Private DNS atau DNS pribadi, jadi pengguna bisa mengatur DNS yang telah disediakan oleh platform penyedia jasa jaringan tertentu yang menyediakan Private DNS berbasis DoT (DNS-over-TLS) yang mendukung sistem Android. 

DoT (DNS-over-TLS) merupakan sebuah protokol untuk melakukan resolusi DNS menggunakan protokol TLS (Transport Layer Security). 

Tujuannya yaitu untuk melindungi privasi dan keamanan pengguna dari serangan man-in-the-middle wikipedia. Man-in-the-middle attack merupakan sebuah serangan yang mana penyerang diam-diam menyampaikan dan mengubah komunikasi antara dua pihak yang sedang berkomunikasi secara bersamaan. 

Private DNS hanya tersedia pada versi Android 9 dan versi di atas-nya. Dengan mengaktifkan fitur ini, ISP tidak akan mencatat atau melihat informasi apa pun. 

Ini berarti tidak ada pelacakan keberadaan secara online dan tidak ada iklan pihak ketiga yang menggunakan data anda. Banyak yang mendukung DoT sehingga data anda sudah dienkripsi.

Sebelum adanya fitur Private DNS, satu-satunya cara untuk membuka situs yang diblokir yaitu dengan menggunakan VPN (Virtual Private Network) yang nantinya akan dikonfigurasikan pada data seluler atau Wi-Fi. 

Namun cara ini tentu tidak gratis, anda harus membayar langganan setiap bulan/tahun-nya. Jika anda memakai versi gratis tentu sangat berbahaya, bisa terjadi pencurian data, karena versi gratis memiliki banyak kekurangan.

Artikel terkait: Tips Menjaga Keamanan Akun dari Serangan Hacker

Untuk mengaktifkan fitur Private DNS ini pada Android 9 (Pie) yaitu dengan cara:

  • Buka menu Settings. Cari Additional settings (Pengaturan lainnya) dan buka
  • Akan muncul pada tampilan seperti di bawah, lalu masuk ke Private DNS (DNS Pribadi)
  • Pilih Private DNS Provider (Penyedia DNS Pribadi) untuk mengaktifkan
  • Buka Provider Hostname (Penyedia Hostname), masukkan DNS-nya.

Pada smartphone Xiaomi, fitur Private DNS tidak bisa diakses secara langsung dengan aplikasi bawaan Settings, diperlukan aplikasi pihak ketiga untuk masuk ke dalam fitur tersebut. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Download dan install aplikasi Activity Launcher di PlayStore
  • Buka aplikasi-nya dan cari NetworkDashboardActivity
  • Klik More, lalu kalian akan dibawa masuk ke dalam fitur Settings tersembunyi dan klik Private DNS
  • Untuk mengaktifkan pilih Private DNS Provider Hostname dan masukkan DNS-nya


Berikut adalah DoT (DNS-over-TLS) gratis yang dikhususkan untuk pengguna Android 9 (Pie) oleh platform penyedia jasa jaringan:
Cloudflare: 1dot1dot1dot1.cloudflare-dns.com
Quad9: dns.quad9.net
Adguard: dns.adguard.com

Dengan mengaktifkan fitur Private DNS pada smartphone, kalian bisa mengakses situs-situs yang diblokir oleh ISP. Tentu ini sangat aman daripada menggunakan VPN gratis dari aplikasi pihak ketiga yang bisa saja mencuri data kalian secara diam-diam. Gunakan sebaik mungkin.

Muhammad Rifki Apriansyah
Muhammad Rifki Apriansyah Seorang pelajar yang sering berselancar di internet, gemar teknologi, dan menyukai Front-End.

Posting Komentar untuk "Cara Membuka Situs Yang Diblokir Tanpa Aplikasi"