Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal LPAR (Logical Partition)

Sebelum mengenal LPAR mari kita mengenal terlebih dahulu tentang harddisk. Apa itu harddisk? Harddisk merupakan sebuah komponen perangkat keras pada komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan data secara permanen. Harddisk menyimpan data sekunder dan berisi kepingan besi padat, magnet, dan gas helium.

Jika sudah mengenal tentang harddisk, mari kita masuk ke pembahasan utama


Apa itu LPAR?

LPAR (Logical Partition) atau Partisi Logis merupakan bagian dari sumber daya perangkat keras yang tervirtualisasi secara terpisah. Jadi partisi logis itu proses pembagian memori, penyimpanan, dan memori komputer ke dalam beberapa sumber daya, sehingga setiap sumber daya dapat dioperasikan secara independen dengan peristiwa dan aplikasi sistem operasinya sendiri. Dari sumber daya yang memungkinkannya untuk menjalankannya sendiri salinan sistem operasi dan aplikasi yang terkait. LPAR Pertama kali dipelajari oleh IBM pada tahun 1976, kemudian diperkenalkan oleh IBM.

LPAR biasanya ditemukan pada server. Dalam bisnis, LPAR sering digunakan untuk hosting dalam beberapa lingkungan server


Jumlah partisi logis yang dapat dibuat tergantung pada model prosesor dan sumber daya yang tersedia, partisi logis ini digunakan untuk tujuan yang berbeda-beda seperti memisahkan berbagai fungsi sistem dan fungsi database. Setiap partisi dapat berhubungan dengan partisi lain, seolah-olah partisi lain berada pada mesin yang terpisah.

Artikel terkait: Apa itu RAID? Konsep, Tujuan, dan Cara Kerja

Semoga artikel ini bermanfaat.

Muhammad Rifki Apriansyah
Muhammad Rifki Apriansyah Seorang pelajar yang sering berselancar di internet, gemar teknologi, dan menyukai Front-End.

Posting Komentar untuk "Mengenal LPAR (Logical Partition)"