Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Preloader pada Website dan Tujuannya

Apa itu Preloader

Pada kali ini saya akan memberikan penjelasan tentang Apa itu Preloader? dan apa tujuannya? Bagi para Web Designer atau Web Developer tentu sudah tak asing lagi, pasti sudah mengenal efek yang satu ini. Bagi yang sudah tau atau lebih mengerti tentang preloader ini silahkan ditambahkan di kolom komentar untuk menambahkan pengetahuan kita bersama.


Pengertian Preloader

Apa sih preloader itu? preloader merupakan sebuah animasi yang menampilkan proses load pada sebuah tampilan website. Sederhananya preloader ditampilkan sebelum memuat konten. Biasanya proses load ini muncul di awal pada saat kamu membuka suatu website. Preloader ini dapat dibuat dengan menggunakan HTML, CSS, dan Javascript.


Tujuan Preloader

Lalu apa tujuan dibuatnya preloader ini? Berikut ialah tujuan dibuatnya efek preloader pada website,


  • Menyamarkan proses load page pada website

Saat kita membuka suatu website secara otomatis website tersebut akan melakukan proses load seperti proses load image, data, request dari server, dan lainnya. Jika proses load tidak berhasil maka tampilan akan kosong / tidak muncul apa-apa (blank) atau hanya menampilkan proses load itu saja, seperti tidak ada respon dari server.

Baca juga: Apakah Blogger Harus Menggunakan Hosting?

  • Memberikan kenyamanan pengunjung website

Ini sangat penting untuk sebuah website. Jika pengunjung nyaman dengan website yang dikunjungi maka ia akan merasa betah atau akan mengunjungi kembali websitenya. Dan ini akan meningkatkan traffic pengunjung.

  • Membuat website terlihat keren dan profesional

Siapa yang tidak ingin websitenya terlihat keren? pasti semua orang mengiginkannya. Dengan preloader ini akan memberikan tampilan website yang terkesan keren dan profesional. Seperti tujuan sebelumnya ini, akan memberikan kenyamanan pengunjung website.

Baca juga: Cara Membuat Widget Subscribe


Apakah wajib memasang preloader pada website?

Banyak perdebatan tentang memasang preloader pada website di luar sana. Memasang preloader bergantung pada situasi.

Memang ada di suatu situasi preloader ini tidak digunakan, karena Google tidak menyukai website yang lambat. Jika pengunjung anda menunggu beberapa detik akan dianggap sebagai pengalaman pengguna yang buruk, dan Google akan menghukum menurunkan ranking pencarian anda.

Di kondisi lain memasang preloader ini wajib hukumnya jika website anda berat, dalam artian memuat beberapa konten atau file. Alih-alih membuat pengunjung anda sibuk saat website anda dimuat.


Lalu bagaimana Cara memasang efek preloader di website? Cek postingan selanjutnya ya !

Muhammad Rifki Apriansyah
Muhammad Rifki Apriansyah Investing, Technologies, and Electrical Enthusiast

Posting Komentar untuk "Apa itu Preloader pada Website dan Tujuannya"