Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Memilih Laptop Bagi Pemula

Memilih laptop pertama bagi pemula

Tips Memilih Laptop Bagi Pemula - Bagi pemula, memilih laptop tidak boleh asal-asalan, perlu dipertimbangkan dengan matang. Sebab laptop menjadi salah satu investasi saat ini. Laptop menjadi aset yang sangat penting di era digital ini. Kamu juga bisa menghasilkan uang dari laptop jika digunakan dengan tepat.

Laptop saat ini menjadi perangkat yang memiliki fungsi sangat lengkap, baik digunakan untuk belajar, bekerja, maupun hiburan.

Setiap laptop memiliki spesifikasi yang berbeda-beda tergantung kebutuhan. Ada yang kebutuhannya untuk editing, design, programming, administrasi, engineering, dan lain-lain.

Bagi pemula yang ingin membeli laptop baru mungkin masih agak bingung soal spesifikasi. Nah disini saya coba akan bagikan tips memilih laptop bagi pemula.

Karena ini untuk pemula dan masih bingung digunakan untuk apa jadi saya tidak akan menjelaskan secara spesifik, karena konteksnya terlalu luas. Namun tak lepas dari spesifikasi minimum kebutuhan software saat ini.


Tips Memilih Laptop Bagi Pemula

Budget (Anggaran)

Tentukan budget membeli laptop. Kenapa budget di awal? Karena budget lah yang menjadi penentu dalam memilih laptop. Dengan budget yang sesuai kamu dapat dengan cepat menentukan laptop yang akan dibeli. Karena dengan budget yang pas kamu tidak berpikir keluar lingkaran.

Dan juga budget menjadi penentu dalam poin-poin berikutnya.

Bagi kamu yang pemula berhati-hatilah saat membeli laptop, agar kamu tidak mengeluarkan uang terlalu banyak.


Spesifikasi Hardware

Hal pertama yang harus kamu perhatikan dalam memilih laptop adalah spesifikasi hardware pada laptop itu sendiri. Berikut rincian spesifikasi dalam memilih laptop di tahun 2022:

  • Minimal RAM 4 GB
  • VGA minimal 2 GB
  • Prosesor keluaran tahun 2020 - terbaru (kamu bisa melakukan riset sendiri di internet untuk processor yang rilis di tahun berikut)
  • Usahakan pilih penyimpanan yang menggunakan SSD, minimal 256 GB. Opsi lain bisa menggunakan Harddisk 512 GB
  • Sistem Operasi Windows, untuk sistem operasi sebenarnya opsional, bisa menggunakan MacOS atau OS lainnya. Tapi dianjurkan untuk pemula menggunakan Windows, karena environment (lingkungan) Windows sangat mudah dipelajari bagi seorang pemula. (Rata-rata laptop saat ini sudah menggunakan sistem operasi Windows 10)

Rincian di atas merupakan spesifikasi minimum yang menjadi acuan untuk bisa menjalankan beberapa software versi terbaru seperti Microsoft Office, CorelDraw, Photoshop, Adobe Premiere, dan beberapa game.

Kalau bisa pilih laptop yang tersedia space kosong untuk upgrade. Mungkin di waktu yang akan datang kamu sudah memahami tentang laptop dan sejalan dengan minat kamu terhadap laptop tersebut, kamu hanya tinggal upgrade tanpa harus membeli laptop baru.


Ukuran Layar

Ukuran layar menjadi pertimbangan dalam memilih laptop saat ini. Semakin kecil layar dari suatu laptop semakin mudah digunakan untuk mobilitas. Namun itu semua bergantung sesuai kebutuhan masing-masing setiap orang.

Tapi saya sarankan bagi pemula pilih laptop dengan ukuran layar 14 inci. Laptop dengan ukuran layar tersebut biasanya cukup ringan untuk dibawa mobilitas, memiliki bobot 1 -2 Kg.


Konektivitas

Mungkin di zaman sekarang ini konektivitas menggunakan kabel tak lagi diperlukan. Karena banyak terjadi perubahan teknologi, misalnya seperti pertukaran data menggunakan flashdisk atau harddisk, sekarang diganti menggunakan layanan Cloud. Pertukaran data dilakukan hanya menggunakan internet.

Namun konektivitas pada laptop tidak hanya digunakan untuk itu, kamu juga masih perlu untuk menghubungkan mouse, keyboard, printer, proyektor, dan lain-lain.

Berikut konektivitas yang harus ada pada laptop saat ini:

  • Port USB 3.0 Type A (Minimal 2)
  • Port USB 3.0 Type C (Tidak semua ada pada laptop)
  • Port HDMI, rata-rata laptop saat ini menggunakan HDMI untuk proyektor, mengingat perkembangan zaman laptop semakin lama semakin tipis.
  • Port LAN, mungkin konektivitas LAN saat ini tak lagi diperlukan, karena sekarang sudah menggunakan koneksi Wireless (Wi-Fi) untuk terhubung ke internet. Tetapi tetap diperlukan jika kamu bekerja bertukar data menggunakan jaringan lokal.
  • Port Jack Audio 3,5mm.


Daya Tahan Baterai

Jika kamu pengguna mobilitas tinggi, daya tahan baterai jangan disepelekan, karena akan menjadi penghambat kamu dalam melakukan mobilitas. Pertimbangkan dengan matang dalam memilih laptop dengan daya tahan baterai yang cukup kuat.

Pilih laptop dengan daya tahan baterai mencapai 5-8 jam.

Ketahanan baterai sulit diukur, karena tergantung pemakaian laptop. Jika kamu bekerja multitasking mungkin akan menguras baterai lebih cepat.

Poin ini berkaitan dengan dengan poin kedua (Spesifikasi Hardware), tergantung jenis Processor yang digunakan. Memang ada prosessor yang bisa menghemat baterai. Tetapi pasti ada yang dipangkas, baik itu performa maupun hal lainnya, Ada kelebihan dan kekurangannya.

Pastikan juga kamu sering melakukan perawatan pada laptop, seperti menghapus cache, file sampah, dan file-file yang sudah tidak diperlukan lagi.


Kesimpulan

Pilih laptop sesuai anggaran dan juga kebutuhan. Di atas merupakan tips memilih laptop bagi pemula yang dapat dijadikan acuan untuk membeli laptop di tahun 2022 ini.

Perlu diingat, satu sumber saja tidak cukup untuk dijadikan acuan, kamu harus bandingkan dengan yang lain. Jika kamu terus membandingkan kamu akan dengan cepat menemukan laptop yang akan dibeli.

Saran untuk pemula, sering-sering mempelajari tentang hardware komputer, lalu compare tiap merek dan versinya.

Jika kamu pusing untuk mempelajarinya, kamu bisa konsultasi atau ajak seseorang yang mengerti tentang laptop.

Muhammad Rifki Apriansyah
Muhammad Rifki Apriansyah Investing, Technologies, and Electrical Enthusiast

Posting Komentar untuk "5 Tips Memilih Laptop Bagi Pemula"