Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghemat Kuota Internet di Windows 10

Terkadang kita menghubungkan koneksi internet laptop/pc dengan menggunakan hotspot smartphone atau modem untuk keperluan tugas, browsing, pekerjaan, meeting, dan lainnya. 

Ternyata tanpa disadari setelah pemakaian hanya beberapa menit saja kuota sudah tersedot banyak, ini adalah kejadian yang sangat menyebalkan, kuota terbuang sia-sia tanpa membuahkan hasil. 

Tentu kita harus membeli paket data internet lagi untuk menghubungkan laptop dengan koneksi internet, jika kalian tidak mengetahui cara untuk memberhentikan permasalahan ini, kalian akan mengalami pemborosan kuota jangka panjang. Berikut adalah tips cara menghemat kuota internet di Windows 10.

Artikel terkait: 5 Hal Yang Harus Dilihat Ketika Membeli Laptop

  • Menggunakan mode "Set as metered connection"
Klik icon wi-fi > klik "properties" pada hotspot yang digunakan > Hidupkan mode "Set as metered connection".



  • Menonaktifkan "Windows Update" yang berjalan secara otomatis
Buka "Settings" > Pilih "Update & Security",


Klik "Pause updates for 7 days",


Klik "Advanced options",


Nonaktifkan "Download updates over metered connections",


Lihat pada "Pause updates", pilih waktu sampai kapan kalian akan memberhentikan update Windows (maksimal pemberhentian update adalah 35 hari)


Dari dua cara di atas sudah cukup ampuh untuk menangani borosnya pemakaian kuota internet di Windows 10. 

Cara menghemat kuota internet itu sendiri tergantung pemakaian dari penggunanya masing-masing. Sebenarnya masih ada cara lagi untuk mengurangi pemborosan, tetapi saya tidak sarankan, karena nanti terdapat masalah yang lebih dalam lagi saat kalian ingin meng-update Windows jika menonaktifkan fitur update Windows.

Lagi pula update windows tak seberapa ukuran filenya, sekitar 200 MB sampai 2 GB'an tidak melebihi dari ukuran file operasi sistem itu sendiri dan pasti Microsoft selalu memberikan pembaruan untuk meringankan sistem operasi milik mereka di berbagai macam perangkat. 

Dengan update Windows ke versi terbaru kalian akan menikmati fitur-fitur baru serta terdapat peningkatan sistem keamanan untuk mencegah terjadinya serangan hacker atau cracker.

Muhammad Rifki Apriansyah
Muhammad Rifki Apriansyah Investing, Technologies, and Electrical Enthusiast

Posting Komentar untuk "Cara Menghemat Kuota Internet di Windows 10"