Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal NFT Bored Ape, NFT "Monyet" dengan Harga Termahal

Mengenal NFT Bored Ape, NFT "Monyet" Termahal

Saat ini dunia seni sedang dihebohkan dengan teknologi NFT (Non-Fungible Token), yang bisa meraup keuntungan sekejap hanya dengan menjual gambar melalui sebuah platform bernama OpenSea. Salah satu NFT terlaris dan terpopuler di pasar OpenSea yaitu NFT Bored Ape Yacht Club, NFT dengan ciri khas monyet sebagai objeknya. Sebelum mengenal NFT Bored Ape Yacht Club, pelajari dulu tentang Apa itu NFT?

Apa itu NFT Bored Ape Yacht Club?

Bored Ape Yacht Club (BAYC) atau lebih dikenal dengan NFT "monyet" yang memiliki harga jual tinggi. BAYC merupakan kumpulan koleksi karya seni digital yang berjumlah 10.000 dalam bentuk avatar. NFT Bored Ape memiliki karakteristik menampilkan monyet-monyet dengan tampang wajah bosan dengan ciri khas yang berbeda, jadi setiap karakter monyet dicetak menggunakan berbagai atribut dan aksesoris yang berbeda, dan bersifat unik. Kamu bisa lihat pada ilustrasi berikut.

Koleksi NFT Bored Ape Yacht Club

NFT Bored Ape Yacht Club (BAYC) ini berjalan di jaringan blockchain Ethereum dengan nama token ERC-721 (Standar Token NFT), token tersebut berbentuk visual yang bersifat unik dan tidak bisa dijiplak atau tidak ada salinannya, dengan kata lain hanya satu di dunia. 

Saat artikel ini ditulis NFT Bored Ape menempati posisi ketiga pada marketplace NFT terbesar yaitu OpenSea dengan kapitalisasi pasar (market cap) 243.296 ETH dan volume transaksi lebih dari 1juta ETH, dengan Harga terendah yaitu 24,33 ETH atau setara Rp 635.369.733 kurs Rp 15.493 berdasarkan situs Coingecko.

Grafik Penjualan NFT Bored Ape Yacht Club berdasarkan situs Coingecko


Sejak pertama kali Bored Ape Yacht Club diluncurkan pada April 2021, tim pengembang BAYC (Yuga Labs) berhasil menjual seluruh NFT BAYC dan mengantongi 800 ETH. Seiring berjalannya waktu popularitas NFT Bored Ape semakin meningkat, yang menjadikan NFT monyet ini menjadi NFT yang termahal.


Salah Satu NFT Bored Ape Yacht Club Termahal Yang Berhasil Dijual

Bored Ape Yacht Club #2087

NFT Bored Ape Yacht Club #2087 berhasil terjual dengan harga 769 ETH. Terjual pada tanggal 30 September 2021. Jika di kurs kan pada dolar saat itu yaitu sekitar $2,3 juta

Baca juga: Apa itu NFT? Dan Bagaimana Cara Membelinya


Apa Tujuan diciptakannya NFT Bored Ape Yacht Club?

Tujuan diciptakannya NFT Bored Ape adalah sebagai platform sosialisasi kepada sesama kolektor NFT BAYC. Pemegang NFT BAYC juga berkesempatan mencetak NFT Club Dog secara gratis, yang mana Club ini menyumbangkan biaya royalti dari hasil penjualan sekunder untuk diberikan ke Animal Charity.

Lantas apa yang membuat NFT yang objeknya hanya monyet dengan menggunakan berbagai atribut dan aksesoris ini menjadi sangat mahal?


Apa yang Membuat NFT Bored Ape Mahal?

Mendapatkan apresiasi yang tinggi oleh beberapa pihak dan dijadikan alasan sebagai investasi yang menguntungkan. Hanya 10 ribu suplai yang beredar di pasar, ini yang menjadikan NFT Bored Ape terbatas, dan membuat aset digital NFT Bored Ape semakin mahal. Selain itu juga memberikan hak eksklusif anggota yang memiliki NFT BAYC.

Bored Ape Yacht Club digambarkan sebagai sebuah klub virtual dengan kapasitas 10 ribu anggota (tidak dapat bertambah). Tiap NFT Bored Ape dijadikan sebagai tanda keanggotaan dari klub/komunitas tersebut. Dengan membeli NFT Bored Ape kamu mendapatkan hak akses eksklusif ke koleksi yang akan datang dan fasilitas khusus untuk anggota BAYC, salah satu fasilitas khususnya yaitu bernama "bathroom".


Apa itu Bored Ape Yacht Club Bathroom?

Salah satu keuntungan dari keanggotaan BAYC adalah mengakses "Bathroom". Bathroom disini menggambarkan sebuah ruangan virtual yang ditujukan untuk tempat nongkrong/bersosialisasi bagi sesama anggota BAYC. Fasilitas dari Bathroom itu sendiri yaitu kamu dapat melukis satu piksel setiap 15 menit pada dinding Bathroom.


Manfaat Memiliki NFT Bored Ape Yacht Club

Salah satu maanfaat yang diberikan adalah kamu dapat mengakses ke suatu fasilitas ruangan virtual keanggotaan yang isinya adalah kumpulan para kolektor BAYC. Disini kamu berkesempatan bisa bertemu para pemegang NFT BAYC dari kalangan influencer dan selebriti dalam satu ruangan virtual yang sama, seperti Eminem, Justin Bieber, dan Snoop Dogg. 

Selain itu kamu bisa jual lagi dengan harga yang lebih tinggi, mengingat NFT Bored Ape ini hanya memiliki suplai 10 ribu saja di dunia. Ini yang menjadikan NFT Bored Ape dijadikan alasan sebagai investasi yang menjanjikan.


Beberapa Pemegang NFT BAYC dari Kalangan Papan Atas

  1. Eminem
  2. Mark Cuban
  3. Shaquille O'Neal
  4. Justin Bieber
  5. Snoop Dogg
  6. Paris Hilton
  7. Stephen Curry


Negara Dengan Pengguna NFT Terbanyak

Berikut adalah beberapa negara dengan pengguna NFT terbanyak di dunia menurut Statista Digital Economy Compass 2022. Negara terkaya di dunia yaitu Amerika Serikat kalah dalam hal pengguna NFT terbanyak setelah Brasil. Indonesia menempati urutan ke delapan sebagai negara pengguna NFT terbanyak.

  1. Thailand = 5,65 juta pengguna
  2. Brasil = 4,99 juta pengguna
  3. Amerika Serikat = 3,81 juta pengguna
  4. Tiongkok = 2,68 juta pengguna
  5. Vietnam = 2,19 juta pengguna
  6. India = 1,5 juta pengguna
  7. Kanada = 1,4 juta pengguna
  8. Indonesia = 1,25 juta pengguna
  9. Jerman = 1,23 juta pengguna
  10. Afrika Selatan = 1,23 juta pengguna

Kesimpulan

Yang menjadikan NFT Bored Ape Yacht Club mahal yaitu adanya dorongan dari pihak selebriti atau influencer yang membuat daya tarik NFT ini menjadi populer dan dijadikan sebagai investasi untuk menarik para penggemar. Selain Bored Ape Yacht Club (BAYC), Yuga Labs juga mengembangkan beberapa proyek lain seperti Bored Ape Kennel Club (BAKC), Mutant Ape Yacht Club (MAYC), CryptoPunks, MEEBITS, dan OTHERSIDE.

Sebelum kamu membeli NFT Bored Ape Yacht Club, pelajari terlebih dahulu lebih dalam tentang NFT, bagaimana cara kerja dari sebuah NFT, resiko apa yang dapat diterima, bagaimana cara membeli dan menjual NFT.

Muhammad Rifki Apriansyah
Muhammad Rifki Apriansyah Investing, Technologies, and Electrical Enthusiast

Posting Komentar untuk "Mengenal NFT Bored Ape, NFT "Monyet" dengan Harga Termahal"