Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seberapa Penting Menggunakan Antivirus?

Pentingnya Antivirus

Seberapa penting antivirus bagi perangkat?

Beberapa orang berpendapat bahwa menggunakan antivirus merupakan hal yang opsional, menggunakan antivirus nomor sekian. Apakah pendapat tersebut bisa dikatakan benar? Mari kita bahas !

Belakangan ini pencurian identitas marak terjadi, jutaan orang menjadi korban setiap tahunnya. Zaman sekarang bukan hanya virus saja yang berbahaya, namun malware (malicious ware). Malware punya tujuan lebih jahat daripada virus. Virus lebih cenderung merusak data dan memperlambat komputer, kalau malware berusaha mencuri data seperti password, identitas korban, kartu kredit, dan lainnya.

Mengapa industri IT sangat menekankan keamanan? Karena dalam industri IT keamanan sistem itu menjadi prioritas utama, yang lain nomor seterusnya. 

Mengapa demikian? 

Karna jika terjadi kesalahan pada sistem keamanan yang penyebabnya datang dari hacker karna berhasil mencari celah masuk untuk menerobos sistem dan berhasil mencuri data, itu akan berakibat fatal jika dibandingkan dengan klien mengalami kelambatan saat proses mengunduh data. 

"Maksudnya gimana nih? saya masih kurang paham",

Intinya begini, jika hacker berhasil menerobos ke suatu sistem dan mencuri data, data tersebut akan dijual ke publik. Ibarat nasi udah jadi bubur. Apa bisa data yang udah dijual ke publik bisa ditarik lagi? 

Beda halnya dengan kenyamanan, jika klien mengalami proses transaksi data lemot, itu masih bisa diperbaiki, dengan cara meningkatkan kualitas layanan.

Ini sangat berpengaruh terhadap kredibilitas perusahaan. Jika perusahaan tersebut memiliki rekam jejak yang tidak baik, otomatis klien tidak akan mau menggunakan layanan perusahaan tersebut, karena takut kejadian yang pernah terjadi akan terulang padanya.


Sebelum masuk ke pertanyaan, mari kita bahas lebih jauh tentang antivirus.


Apa itu Antivirus?

Anti-virus merupakan sebuah piranti lunak atau biasa kita sebut software yang diprogram untuk memberikan perlindungan serta keamanan data pada sistem komputer. Selain memberikan perlindungan, antivirus juga memiliki fungsi yang kompleks seperti mencari, mendeteksi, dan menghapus virus serta software berbahaya. 

Secara khusus software ini dirancang untuk pencegahan keamanan cyber untuk menghentikan ancaman sebelum masuk ke komputer dan menyebabkan masalah.


Bagaimana Cara Kerja Antivirus?

Software ini bekerja dengan cara memindai seluruh file dan program yang ada pada komputer. Software antivirus memiliki database untuk mengenali berbagai jenis file. 

Cara kerjanya gini, jika anda melakukan proses scanning, software ini akan melakukan proses memindai seluruh file dan program yang sedang berjalan pada komputer anda, setelah itu anti-virus melakukan proses screening (pendeteksian), apakah terdapat jenis file yang tidak dikenali pada database? jika ya, maka itu adalah virus/malware. Setelah anti-virus mendeteksi terdapat virus/malware maka antivirus akan melakukan proses penghapusan.


Beberapa Jenis Antivirus

Antivirus memilki beberapa jenis:

  • Antivirus Gratis

Antivirus yang bisa didapatkan secara gratis. Anda bisa download pada website resminya. Antivirus gratis biasanya fiturnya sedikit, dan keamanannya juga kurang.

  • Antivirus Trial

Antivirus yang diperoleh secara gratis namun ada masa pakainya. Jika masa trialnya habis anda tidak bisa menggunakannya lagi, jika ingin menggunakannya lagi anda harus mengeluarkan uang/membayarnya. Bisa dipakai lagi dengan cara install ulang softwarenya, buat akun yang baru. Antivirus jenis trial biasanya juga kurang terlalu ketat keamanannya.

  • Antivirus Berbayar

Jenis antivirus ini hanya bisa didapatkan dengan cara membeli atau membayar pada paket tertentu. Antivirus berbayar biasanya fiturnya lengkap, tingkat keamanannya juga tinggi, jadi sebanding lah dengan uang yang dikeluarkan. 

Antivirus berbayar menawarkan paket yang beragam, mulai dari harian, mingguan, bulanan, tahunan, bahkan hingga lifetime (permanen/seumur hidup), yang pasti harga setiap paketnya berbeda-beda.

  • Antivirus Donasi
Jika ingin menggunakan antivirus ini anda harus melakukan donasi ke developer sebagai bukti penghargaan. Antivirus donasi bisa menjadi jalan alternatif bagi anda yang tidak ingin mengeluarkan uang lebih, anda hanya cukup bayar sekali di awal, anda bisa mengakses selamanya. Selain itu, antivirus ini setara dengan antivirus berbayar, ya beda tipis lah.


Jika informasi tentang antivirus sudah cukup jelas mari kita balik ke pertanyaan, apakah menggunakan antivirus penting?


Sebenarnya menggunakan antivirus itu antara penting ga penting, tergantung kebutuhan anda saat memakai komputer/smartphone.

Penting

  • Jika anda sering berselancar di internet
  • Melakukan transaksi secara online
  • Mendownload file dari situs/web

Tidak Penting

Jika perangkat anda hanya digunakan untuk keperluan offline saja, dalam artian tidak menggunakan internet. Tapi jika komputer anda juga melakukan pemindahan data dari perangkat lain yang belum tau apakah terbebas dari virus atau tidak, saya rasa anda perlu menggunakan antivirus.


Lalu bagaimana cara memilih antivirus?


Cara Memilih Antivirus

Pemilihan antivirus juga harus diperhatikan, ada antivirus berbayar tetapi kualitasnya abal-abal, tentu ini harus dipertimbangkan dalam memilih jika anda tidak mau terkena dampaknya. Berikut saya kasih tips memilih antivirus yang tepat,


  • Mampu mendeteksi malware dengan akurat

Percuma pake antivirus kalo ga bisa mendeteksi virus/malware dengan akurat. Saat ini terdapat ribuan malware yang tersebar di seluruh dunia, jika software antivirus anda tidak dapat mengenali malware dengan akurat itu hanya sia-sia saja anda memakainya. Karena setiap malware memiliki jenis ekstensi yang berbeda-beda.

  • Dukungan Purna Jual

Terdapat dukungan purna jual yang handal dan terpercaya. Jika anda mengalami masalah, layanan purna jual siap memberikan dukungan dan membantu anda. Jika tidak ada maka anda akan merasa kesulitan sendiri.

Kalau bisa yang ada garansinya juga. Jika suatu saat anda kebobolan, maka ada yang cover kerugiannya, walaupun ga sebanding dengan data yang hilang.

  • Mendukung Banyak Fitur

Cari antivirus dengan fitur yang melimpah. Karna saat ini virus datang tidak dari satu tempat saja, bisa datang dari email spam, website, file download, iklan pada website, dan lainnya. Cari yang terdapat fitur tambahan seperti,

  • Antispam email
  • Firewall
  • Parental Control
  • Internet Control
  • Backup data otomatis

  • Mendapatkan Update Berkala

Cari antivirus yang sering update. "Kenapa emangnya? kalo sering update bukannya ngabisin data internet dan penyimpanan ya?

Sebelum menjawab itu, saya tanya, apa tujuan developer melakukan pembaruan software?


Tujuan developer melakukan update pada software yaitu,

  • Meningkatkan fitur
  • Memperbaiki bug
  • Penyempurnaan software/aplikasi


Udah kebayang belom jawaban sebelumnya apa? Kalo belom saya coba jelaskan. Jadi kenapa harus cari antivirus yang sering update, dikarenakan untuk meningkatkan kualitas software tersebut. 5 jenis malware baru lahir setiap harinya, maka dari itu diperlukan developer meningkatkan software-nya agar dapat mengenali jenis malware terbaru tersebut.


Kesimpulan

Jadi, menggunakan antivirus itu antara penting tak penting, tergantung penggunaan perangkat anda. Saya sarankan anda tetap menggunakan antivirus, untuk mengantisipasi komputer/perangkat anda terkena virus/malware, mencegah lebih baik daripada mengobati.

Jangan lupa untuk melakukan backup data secara berkala, minimal sehari sekali. Backup pada tempatnya, jangan menaruh pada disk yang sama. Jangan pernah menggunakan antivirus bajakan, itu sama aja seperti anda memperbolehkan maling untuk mencuri barang di rumah anda. Tetap berhati-hati dalam berselancar internet.

Muhammad Rifki Apriansyah
Muhammad Rifki Apriansyah Seorang pelajar yang sering berselancar di internet, gemar teknologi, dan menyukai Front-End.

Posting Komentar untuk "Seberapa Penting Menggunakan Antivirus?"