Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahaya Menggunakan WhatsApp MOD

Menggunakan Whatsapp kini menjadi rutinitas bagi setiap orang. Whatsapp merupakan aplikasi sosial chating yang bersifat privat, maksud dari privat disini karna membutuhkan nomor telepon untuk terhubung dengan orang lain. 

Whatsapp atau biasa disebut WA kini banyak digunakan oleh orang di seluruh dunia, karena tampilannya yang simple dan UX-nya (User Experience) sangat mudah dimengerti bagi orang awam sekalipun.

Whatsapp setiap beberapa bulan selalu merilis pembaruan, baik melakukan perbaikan bug ataupun penambahan fitur. Fitur-fitur ini dibuat untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik. Meskipun diberikan banyak fitur, ada saja pengguna yang merasa kurang puas dengan fitur-fitur tersebut, dan lebih memilih beralih menggunakan Whatsapp MOD.

Whatsapp MOD atau WA MOD ini merupakan aplikasi Whatsapp tidak resmi atau hasil modifikasi oleh para modder (Orang yang memodifikasi). Contoh Whatsapp MOD yang beredar saat ini yaitu GB Whatsapp/GBWhatsapp, Whatsapp Plus, YOWhatsapp, FMWhatsapp, dan lain-lain. Aplikasi tersebut tidak bisa ditemukan di Play Store, anda bisa mencarinya di Google.

WA MOD memiliki fitur yang tidak dimiliki oleh Whatsapp resmi, sehingga pengguna lebih leluasa mengatur tampilan dan fungsi-fungsi lainnya.

Baca juga: Cara Memulai Chat di WhatsApp Tanpa Menyimpan Kontak

Akhir-akhir ini banyak beredar informasi yang menyatakan bahwa menggunakan WA MOD tidak aman untuk digunakan. Situs WABetaInfo memperingatkan para pengguna Whatsapp MOD untuk berhenti menggunakan aplikasi yang telah dimodifikasi.

Lalu apa sih yang membuat para pengguna ini bersikukuh beralih ke Whatsapp MOD? Emang apa kelebihannya?


Apa aja kelebihan menggunakan WA MOD?

  • Bisa melihat chat yang sudah dihapus oleh orang lain
  • Bisa melihat status Whatsapp yang disembunyikan/diprivate. Misalnya si A update status, dan si B tidak bisa melihat status tersebut, nah si B ini kebetulan pake WA MOD, jadinya status si A bisa dilihat oleh si B.
  • Melihat status orang lain tanpa terdeteksi. Maksudnya ketika anda menggunakan WA MOD lalu melihat status orang lain, kontak anda tidak akan terdeteksi bahwa anda sudah melihat story WA tersebut.
  • Custom tampilan
  • Menyembunyikan status online
  • Menghilangkan centang biru. Maksudnya gimana? Jadi ketika ada pesan masuk, lalu anda membacanya, dan itu tidak akan terdeteksi bahwa pesan tersebut telah dibaca.
  • Bisa download story Whatsapp
  • Menyalin status/story yang berbentuk teks
  • Dapat mengirim lebih dari 30 gambar
  • Mengirim file-file besar
  • Download gambar dengan resolusi tinggi.
  • Menghilangkan status typing atau sedang mengetik
  • Mengganti font

Masih banyak lagi fitur-fitur yang ditawarkan oleh aplikasi Whatsapp MOD ini. Setiap modder pasti memberikan fitur yang berbeda.

Setelah membicarakan kelebihan, lalu apakah aman jika digunakan?


Apakah aman menggunakan Whatsapp MOD?

Setiap aplikasi atau game yang sudah diMOD (dimodifikasi) tentu sudah tidak aman lagi, karna ada campur tangan dengan si modder. Bisa aja si modder menyisipkan spyware atau malware.


Bahaya Whatsapp MOD

Menggunakan Whatsapp MOD, bahaya selalu mengintai anda.

  • Chat tidak sepenuhnya aman

Keunggulan Whatsapp Original yaitu menerapkan fitur end-to-end encryption, dimana fitur ini tidak bisa dibaca oleh pihak manapun selain pengirim dan penerima, bahkan sekelas developer pun tidak bisa melihatnya.

Namun, jika menggunakan WA MOD, fitur ini tidak lagi berlaku. Karena server yang digunakan untuk lalu lintas data (transfer data) sudah diganti menggunakan server pihak ketiga, jadi bukan lagi server pribadi milik Whatsapp. Ini mengakibatkan para pengguna aplikasi dapat dengan mudah untuk diintip oleh modder dan pemilik server.

  • Rentan Terinfeksi Malware

Umumnya aplikasi yang sudah dimodifikasi sangat rentan untuk disisipi malware oleh si pemodifikasi. Hal ini akan berdampak pada data-data penting anda di ponsel.

  • Nomor HP rentan diblokir

Bahaya ini cukup mengkhawatirkan, karena jika nomor HP yang didaftarkan menggunakan Whatsapp MOD akan berisiko terkena blokir. Apalagi jika nomor HP yang digunakan untuk hal-hal penting.

Hal ini sudah tercantum pada Syarat & Ketentuan Pengguna Whatsapp. Jadi jika ketahuan menggunakan aplikasi yang tidak resmi akan terkena blokir sementara.

  • Tidak Bisa Update Whatsapp

Penggunaan WA MOD akan mengalami kejadian Whatsapp tidak bisa diupdate di Play Store, ini dikarenakan sistem membaca bahwa aplikasi yang digunakan berbeda versi atau pengembang atau telah melakukan pelanggaran.


Whatsapp MOD tersebar luas di internet, anda bisa mendapatkanya secara gratis. Dibalik kata gratis ini tentu ada maksud tertentu, mana ada di zaman sekarang ini yang serba gratis. Apalagi nawarin fitur-fitur yang tidak ada di Whatsapp Ori, ini sudah patut dicurigai.

Iya gratis, tapi nyatanya dibayar dengan data anda.


Kenapa saat ini masih banyak yang menggunakan WA MOD?

Karena kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya keamanan dan data pribadi. Mayoritas masyarakat kita bodo amatan dengan data pribadi, cenderung masih berpikir

"ah gw kan bukan siapa-siapa", 

"gw bukan orang penting", 

"gw gak punya apa-apa", 

"data-data gw gak penting", 

"ngapain juga hacker ngambil data gw, kurang kerjaan banget". 

Masyarakat kita lebih condong menyukai yang gratis, gampang, dan instan ketimbang yang bayar, aman, dan nyaman, masalah aman gak aman mah bodo amat.

Berpikir seperti itu tentu salah, jangan pernah ngeremehin data pribadi.

Zaman sekarang itu banyak penipuan / scam yang hanya bermodalkan data. Semakin lengkap datanya, semakin lancar aksi nipunya.


Kesimpulan

Whatsapp MOD merupakan aplikasi yang tidak resmi, dan hasil modifikasi seseorang. WA MOD memiliki kelebihan dan kekurangan, kelebihannya yaitu memiliki fitur yang tidak ada di WA Original dan kekurangannya tidak bisa update di Play Store, rawan pencurian data, dan nomor telepon mudah terblokir.

Banyak keluhan yang disampaikan para pengguna Whatsapp Ori dengan hadirnya Whatsapp MOD ini. Hadirnya WA MOD ini sangat meresahkan, karena cenderung mengganggu privasi antar pengguna.

Sadar akan pentingnya sebuah data pribadi di era ini sangat diperlukan. Jika data pribadi anda dianggap remeh, mungkin suatu saat nanti data anda akan disalahgunakan oleh oknum.

Bijak dalam menggunakan media sosial, mulai tinggalkan dan jangan merugikan orang lain.

Muhammad Rifki Apriansyah
Muhammad Rifki Apriansyah Seorang pelajar yang sering berselancar di internet, gemar teknologi, dan menyukai Front-End.

Posting Komentar untuk "Bahaya Menggunakan WhatsApp MOD"