Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi "Pemasangan Dicekal" di HP Android

Cara Mengatasi "Pemasangan Dicekal" di HP Android -  Android sebagai ponsel pintar yang banyak digunakan di dunia dapat dengan mudah mendownload aplikasi melalui Play Store. Sebuah apps atau situs resmi yang di pakai sebagai rujukan pada saat akan memasang Aplikasi.

Jutaan Apps yang dapat di temukan disana dengan didukung developer  dari berbagai Negara dalam kontribusi menyediakan aplikasi. Cara pemasanganya sangat mudah, cukup dengan cari aplikasi sesuai keinginan kemudian klik install. Tunggu hingga selesai dan siap digunakan.

Berbeda dengan pasang aplikasi yang di download melalui situs lain dalam bentuk apk. Pengguna harus terlebih dulu mengubah pengaturan supaya pemasangan bisa berjalan.

Begitupula sama mudahnya menginstal Aplikasi (APK) dari luar Play Store yang biasanya didapatkan di suatu website. Buat yang pertama kali download dan install APK bukan dari Play Store melainkan dari website, tentunya akan mendapatkan sedikit kendala ketika proses penginstalan APK.

Kendala tersebut adalah keluarnya notifikasi dengan bacaan “Pemasangan Dicekal”. Sebenarnya notifikasi tersebut sangat wajar dan pasti ditemui oleh pengguna Android yang baru pertama kali mengintsall aplikasi selain di Google Play Store.

Sistem android memberikan proteksi keamanan mencekal install dari sumber tidak dikenal dengan tujuan menekan potensi penyalahgunaan dari malware atau virus.

Tetapi hal itu bersifat situasional, masih flexible karena pengguna dapat mengubah setelan tersebut. 


Mengatasi install aplikasi “Pemasangan di Cekal”.

Pada prinispnya teknik ini berlaku untuk semua merek android , xiaomi, oppo , vivo, realme dan lain sebagainya.

Jangan bingung jika sudah download apk dan hendak memasang mendapati notifikasi berikut:

Sebenarnya notifikasi diatas adalah notifikasi untuk keamanan HP Android yang memberlakukan install aplikasi dari sumber terpercaya. Tentu saja tujuannya baik, agar HP Android tidak mengisntall apps sembarangan dari selain Google Play Store. Karena bisa saja APK yang di download dari suatu website mengandung virus atau sejenisnya.

Contohnya ketika download Instagam Plus dari sebuah situs, maka apk tersebut akan di anggap sebagai tindakan yang tidak di anjurkan,Sistem akan otomatis mencekal pemasanganya.

Namun, apakah kita bisa menghilangkan notifikasi tersebut? Yap, tentu saja bisa. Caranya cukup mudah kok kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah dibawah ini.


Cara Mengatasi "Pemasangan Dicekal" di HP Android.

Pada saat akan install aplikasi yang di dapat dari media online non appstore rekomendasi dari system android ,sudah bias di pastikan akan di blok. 
Sangat mudah, kamu bisa mengaktifkan maupun menonaktifkan pencekalan install aplikasi. Kamu tidak perlu melakukan tambahan aplikasi bantuan lainya, hanya sedikit melakukan perubahan pengaturan izin pemasangan apk dari sumber tidak di kenal.

  1. Yang prtama silahkan buka smartphone anda lalu pilih “Setting / Pengaturan” yang biasanya dengan icon gear atau roda gigi.
  2. Tahap brikutnya gulir  tmukan dan Pilih opsi “Security / Keamanan” yang mengatur segala akses system maupun ponsel.
  3. Kemudian, aktifkan “Unknown sources / Sumber tidak dikenal”. Jika pada Hp Xiaomi silahkan tap “privasi” Opsi install sumber lain terdapat di dalam sana. Silahkan ceklis atau geser toggle menjadi warna biru.
  4. Selesai, maka secara otomatis perizinan pemasangan aplikasi tidak akan dicekal.

Dengan begitu kamu bisa menginstall APK yang kamu download di suatu website tanpa harus melihat notifikasi tersebut. Bagaimana? Mudah bukan? Kamu bisa mencoba cara diatas tanpa bantuan orang lain.

Demikianlah artikel kali ini mengenai Cara Mengatasi "Pemasangan Dicekal" di HP Android. Terimakasih dan semoga bermanfaat untuk kita semua.

Muhammad Rifki Apriansyah
Muhammad Rifki Apriansyah Seorang pelajar yang sering berselancar di internet, gemar teknologi, dan menyukai Front-End.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi "Pemasangan Dicekal" di HP Android"