Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Website Tidak Bisa Diakses

Penyebab Website Tidak Bisa Diakses

Dalam dunia per-blogger-an tentu kita akan mengalami atau berhadapan dengan berbagai macam permasalahan, contohnya yaitu seperti website/blog yang tidak bisa diakses.

Di saat menghadapi situasi seperti ini, sering kali kita merasa khawatir terhadap website milik kita, pertanyaan-pertanyaan mulai bermunculan di otak, 

"apakah blog saya terkena serangan hacker?" canda hacker :D, 

"apakah blog saya di-ban oleh Google?"

"apakah saya telah melakukan kesalahan?" 

dan pertanyaan-pertanyaan lainnya hingga membuat kita menjadi pusing dan panik. Apalagi jika permasalahan ini pertama kali terjadi, dan anda tidak memiliki pengalaman.

Berikut adalah beberapa faktor penyebab website tidak bisa diakses.


Penyebab Website Tidak Bisa Diakses

Pada dasarnya, kendala akses pada website/blog bisa terjadi karena beberapa sebab, yaitu:

1. Koneksi Internet Bermasalah

Permasalahan ini adalah yang paling umum dan sering terjadi. Untuk mengakses sebuah situs web/blog diperlukan koneksi internet. Jika blog/website anda tidak bisa diakses ini mungkin terjadi pada koneksi internet anda. 

Silahkan periksa router (Jika menggunakan WiFi) apakah terdapat masalah sehingga tidak dapat terhubung ke internet. Atau jika anda menggunakan Data Seluler (Kuota) silahkan dicek apakah kuotanya sudah habis atau bermasalah dari pihak ISP-nya.

Lakukan akses blog menggunakan perangkat yang berbeda, guna untuk melakukan pembuktian.

Jika koneksi internet tidak bermasalah mungkin terdapat penyebab masalah lain sehingga anda tetap tidak bisa mengaksesnya.


2. Masalah DNS (Domain Name System)

Website tidak bisa diakses kemungkinan terjadi masalah pada DNS.

kok bisa bermasalah?

Emangnya kenapa? 

Ya bisa !. Hal ini bisa terjadi karena konfigurasi DNS tidak benar. Pada saat pertama kali membeli domain dan ingin mengaitkannya ke website, anda disuruh melakukan konfigurasi DNS antara kedua belah pihak. Silahkan periksa kembali ke bagian client area pada penyedia layanan domain yang anda gunakan, apakah sudah benar dan sesuai?


3. Masalah Nameserver

Permasalahan ini kerap kali terjadi ketika anda baru saja melakukan pergantian Nameserver. Hal ini terjadi karena dalam pergantian Nameserver dibutuhkan beberapa waktu untuk melakukan perpindahan dari server pertama ke server lain. Paling umum memakan waktu paling sedikit dalam beberapa jam dan paling lama sekitar 2 hari, setelah itu website bisa diakses kembali secara normal.


4. Domain Kena Suspend

Mengapa domain kena suspend? ada beberapa faktor yang menyebabkan domain kalian terkena suspend yaitu seperti website phising, mengirimkan spam/malware, terdapat konten yang melanggar hak cipta, bertentangan dengan TOS (Terms Of Service), DDOS Attack, serta penggunaan tools yang dilarang.

Domain yang kena suspend tidak akan bisa diakses oleh siapapun. Ini disebabkan karena penggunaan domain yang disalahgunakan baik secara sengaja maupun tidak sengaja. 

Sebelum melakukan pembelian domain biasanya ada persetujuan Persyaratan Layanan yang harus anda baca dan patuhi terkait calon kepemilikan domain.


5. Masalah Script

Kesalahan dalam menulis script juga mengakibatkan website tidak bisa diakses. Contohnya yaitu kesalahan dalam memberikan tag, syntax, atau typo. 

Selain itu ada juga beberapa gejala lainnya seperti:

  • Redirect Loop, yang menyebabkan website ter-refresh secara otomatis.
  • Auto redirect ke website lain
  • Website telah diretas, beberapa script mungkin telah diubah.


6. Masalah Hosting

Masalah ini paling umum terjadi jika kalian menggunakan CMS seperti Wordpress dkk. Akan muncul pesan error seperti This Account Has Been Suspended, Error 503, The connection has timed out, ini mengindikasikan bahwa masa aktif layanan hosting sudah expired, sehingga perlu melakukan perpanjangan layanan.

Terkadang permasalahan ini bisa terjadi pada server hosting yang anda gunakan, biasanya pihak penyedia layanan hosting memberikan pengumuman resmi yang menginformasikan status, penyebab kendala, dan estimasi penanganan hingga server pulih kembali.


7. Internet Positif / Internet Sehat

Internet positif atau internet sehat merupakan sebuah penyaringan konten yang dibuat oleh Pemerintah Indonesia melalui Kominfo (Kementrian Komunikasi dan Informatika). 

Internet positif bertujuan untuk menyaring konten-konten negatif yang bersifat berbahaya baik untuk secara mental, fisik, keuangan, ataupun psikologis pengguna.

Apabila website anda tidak bisa diakses dan menampilkan halaman internet positif berarti website kalian telah melanggar hukum Indonesia.


8. Domain Belum Terverifikasi

Pada saat baru membeli domain, dibutuhkan tindakan verifikasi pada website yang ingin dikaitkan, dengan tujuan untuk melakukan validasi atas kepemilikan domain tersebut. 

Jika anda belum melakukan verifikasi, maka website anda tidak akan bisa diakses, sebenarnya bukan tidak bisa diakses, tetapi tampilan halamannya berbeda. Segara lakukan tindakan verifikasi agar domain anda tidak diklaim oleh orang lain. 


9. Masa aktif domain telah habis

Jika anda lupa melakukan perpanjangan masa aktif domain dan telah melampaui batas waktu yang ditentukan, website akan mengalami suspend sementara (sampai batas waktu tertentu, ini terkait dengan Domain Life Cycle) sehingga website tidak dapat diakses. 

Segera lakukan perpanjang masa aktif domain jika mendekati masa expired agar domain website anda tidak diambil alih oleh orang lain dan dapat didaftarkan kembali. Biasanya pihak penyedia layanan domain akan menginformasikan bahwa masa aktif domain akan mendekati masa expired melalui email.


Kesimpulan

Di atas adalah beberapa penyebab website/blog tidak bisa diakses. Apabila website anda memiliki kendala seperti di atas, solusi paling instan adalah dengan menghubungi praktisi penyedia layanan domain atau hosting. 

Sebab pihak penyedia tidak akan segan membantu masalah yang dialami pelanggan, selagi masalah yang dihadapi masih dalam kewenangan penyedia domain dan hosting untuk menanganinya.

Adapun dampak yang diakibatkan dari permasalahan ini adalah trafik pengunjung akan bermasalah, menurunkan ranking website, dan merusak optimasi SEO.

Untuk menghadapi permasalahan ini, kalian gak usah panik dan bingung. Kenali lebih dulu penyebabnya, cari tau solusinya, dan lakukan tindakan.


Muhammad Rifki Apriansyah
Muhammad Rifki Apriansyah Seorang pelajar yang sering berselancar di internet, gemar teknologi, dan menyukai Front-End.

Posting Komentar untuk "Penyebab Website Tidak Bisa Diakses"