Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Domain Status Does Not Allow This Operation

Permasalahan Domain Status Does Not Allow This Operation

Cara Mengatasi Domain Status Does Not Allow This Operation - Mungkin dari kita mengalami permasalahan yang sama yaitu pada saat ingin mengubah DNS atau nameserver pada domain muncul permasalahan "Domain Status Does Not Allow This Operation".

Ketika membuat suatu perubahan setting pada domain dengan mengubah nameserver muncul permasalahan "Domain Status Does Not Allow This Operation", ini terjadi karena ada sebuah fitur yang aktif, dan anda harus menonaktifkannya terlebih dahulu untuk melakukan suatu perubahan. Fitur tersebut bernama Registrar Lock.

Jadi, Registrar Lock merupakan sebuah fitur keamanan yang dapat mencegah terjadinya transfer domain yang tidak sah. 

Sederhananya fitur Registrar Lock ini berfungsi untuk menjaga domain anda agar terhindar dari pencurian atau pembajakan kepemilikan akun domain anda. Fitur Registrar Lock biasanya digunakan untuk melakukan transfer domain antar penyedia layanan domain.

Untuk mengetahui apakah fitur Registrar Lock ini aktif atau tidak, anda bisa cek ke bagian client area pada penyedia domain yang anda gunakan. Tetapi secara default fitur Registrar Lock ini sudah aktif pada saat anda membeli domain.

Cara mengatasi permasalahan ini adalah dengan cara menonaktifkan fitur Registrar Lock terlebih dahulu. Silahkan pergi ke bagian client area pada penyedia layanan domain yang anda gunakan, cari fitur Registrar Lock, lalu nonaktifkan. 

Jika sudah, anda dapat melakukan perubahan nameserver pada domain milik anda. Jika sudah melakukan perubahan jangan lupa untuk aktifkan kembali fitur tersebut, hal ini untuk menghindari terjadinya rawan pencurian atau pembajakan kepemilikan domain.

Jika anda tidak mengetahui dimana letak fitur tersebut, anda bisa baca dan ikuti petunjuk panduan pengguna, atau bisa mencari cara di Google, atau menghubungi CS.

Jika permasalahan ini tidak dapat diselesaikan, mungkin ada kaitannya dengan verifikasi kepemilikan akun domain, untuk informasi lebih lanjut artikel selanjutnya akan dibahas di blog ini. Atau anda dapat menghubungi CS penyedia layanan domain yang anda gunakan guna untuk mendapatkan informasi lebih lanjut serta arahan dari para profesional.

Muhammad Rifki Apriansyah
Muhammad Rifki Apriansyah Seorang pelajar yang sering berselancar di internet, gemar teknologi, dan menyukai Front-End.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Domain Status Does Not Allow This Operation"