Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu HYIP? Dan Bagaimana Cara Mencegahnya

what is hyip

Dalam dunia investasi kita harus waspada terhadap program-program investasi, terkadang terdapat program investasi yang bersifat bodong, dengan memberi return yang cukup besar. Pahami dan mengenal program investasi agar Anda tidak masuk ke dalam investasi bodong. 

Pada kali ini saya akan memberikan pengetahuan dasar tentang HYIP, siapa pun yang telah bergabung dengan beberapa HYIP atau program investasi online akan tahu tentang HYIP, tetapi pemula ingin memulai HYIP, semoga artikel ini bermanfaat beberapa pengetahuan dasar tentang industri HYIP untuk menang dan mendapat untung.


Apa itu HYIP?

HYIP (High-Yield Investment Program) atau Program Investasi Profit Tinggi adalah sebuah program investasi yang berprofit besar secara online yang tumbuh dan berkembang pesat di internet. 

Pada program HYIP skema investasi yang digunakan untuk memberikan pengembalian investasi yang sangat tinggi. Skema investasi hasil tinggi sering kali mengiklankan hasil lebih dari 100% per tahun untuk memikat korban. 

Pada kenyataannya, program investasi hasil tinggi ini yaitu menggunakan skema Ponzi, dan penyelenggara program HYIP ini bertujuan untuk mencuri uang yang diinvestasikan. Kenyataannya, HYIP adalah situs web tempat Anda akan melihat opsi untuk menginvestasikan uang untuk mendapatkan pengembalian tinggi dalam jangka waktu yang sangat singkat. Misalnya, 110% setelah 1 hari.


Bagaimana Cara Kerja HYIP?

Program ini bekerja sebagai program investasi yang menjanjikan pengembalian tinggi yang tidak masuk akal. Operator HYIP biasanya akan menggunakan media sosial, termasuk Facebook, Twitter, atau YouTube, untuk menarik korban dan menciptakan ilusi konsensus sosial seputar keabsahan program ini. 

Kebanyakan industri HYIP yaitu menggunakan skema Ponzi yang membayar investor lama dengan uang investor baru. 

Target utama pencipta HYIP adalah melarikan diri dengan jumlah setinggi mungkin yang dapat dia kumpulkan dari investor. Dalam proses pengumpulan ini, mereka perlu membayar investor yang ada sampai mereka mengumpulkan dana yang cukup untuk menghentikan sistem sekarang. 

Untuk mempertahankan sistem HYIP ini, banyak industri HYIP yang terus membayar kepada investor mereka (sampai mereka mengumpulkan cukup uang untuk menghentikan permainan) dan itulah mengapa orang-orang berpikir bahwa mereka telah mendapatkan keuntungan nyata dari HYIP.

Contoh program HYIP:

  • JD Union
  • Alimama
  • Goins
  • MLM
  • VTube
  • dll
Bagaimana cara mencegahnya?

Saya sarankan bahwa ada beberapa tanda peringatan yang dapat digunakan investor untuk membantu menghindari menjadi korban penipuan program HYIP. 

Seperti jaminan pengembalian yang berlebihan, instrumen keuangan fiktif, kerahasiaan yang ekstrim, klaim bahwa investasi adalah peluang eksklusif, dan kompleksitas yang berlebihan seputar investasi.

Senjata terbaik agar tidak terseret ke dalam program HYIP ini adalah dengan mengajukan banyak pertanyaan dan menggunakan akal sehat. Jika pengembalian investasi terdengar terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, mungkin memang begitu.

Muhammad Rifki Apriansyah
Muhammad Rifki Apriansyah Seorang pelajar yang sering berselancar di internet, gemar teknologi, dan menyukai Front-End.

Posting Komentar untuk "Apa itu HYIP? Dan Bagaimana Cara Mencegahnya"